Sunrise Bromo, Matahari terbit yang terkenal di Jawa Timur

Gunung Bromo, tentu tidak asing terdengar di telinga kita, keindahan gunung ini terdengar ke belahan bumi lainnya. Wisata wisatawan lokal dan asing berbondong-bondong sangat tertarik dengan ini menggunjungi gunung untuk membuktikan bahwa nama “The Famous Sunrise”.

Sunrise Bromo, Matahari terbit yang terkenal di Jawa Timur
Sunrise Bromo, Matahari terbit yang terkenal di Jawa Timur

Sunrise Bromo, Matahari terbit yang terkenal di Jawa Timur

Jadi apa itu yang menarik dari gunung ini ya?

Banyak yang mengatakan bahwa tempat yang paling ideal untuk melihat matahari terbit di atas gunung, tetapi tidak mudah untuk mendaki gunung dan mencapai puncak, tetapi berbeda di wilayah Gunung Bromo. Kami tidak repot-repot untuk mendaki gunung, karena di banyak daerah bromo jeep 4wd (4 wheel drive) siap untuk mengambil ktia naik ke atas gunung untuk melihat matahari terbit bromo Penanjakan

Ohh jadi begitu
Namun tidak kita melihat matahari terbit di Gunung Bromo? sebagai info yang kita tidak melihat matahari terbit dari puncak Gunung Bromo, tetapi kita lihat dari puncak gunung Penanjakan, di gunung sana kita bisa melihat pemandangan Gunung Bromo, Batok dan Semeru.

Gunung Bromo tidak cukup tinggi.

Penanjakan gunung yang tinggi sekitar 2.700 meter di atas permukaan laut. Sementara Gunung Bromo hanya 2300an mdpl. (Masl = meter di atas permukaan laut).

Melihat matahari terbit di gunung Penanjakan Bromo – Gunung Bromo pemandangan

Tapi melihat matahari terbit tanpa mendaki gunung yang tepat tidak hanya di Indonesia, saya yakin di bagian lain dunia harus ada fit tempat untuk pemandangan matahari terbit
Jadi mengapa harus Bromo?

Spektakuleran padanya dari daerah bromo merupakan tambahan untuk melihat matahari terbit, tetapi kita juga bisa melihat tiga pemandangan gunung, ditambah pemandangan Laut Pasir (lautan pasir yang terhampar luas). 3 gunung yang bisa kita lihat adalah Gunung Bromo, Gunung Batok dan Gunung Semeru.

Sehingga daerah ini menjadi terkenal di seluruh dunia dan diberi judul “The Famous Sunrise”. jadi jangan bingung jika Anda sampai di sana, kita bisa melihat wisatawan asing dari seluruh dunia datang ke Bromo hanya untuk melihat The Famous Sunrise.

Sunrise bisa dinikmati antara 04:30-05:30 Untuk melihat matahari terbit kami harus menggunakan sebuah jip dari Cemoro Lawang. 4wd mobil jeep yang dikemudikan oleh driver dari pengalaman masyarakat di sekitar Gunung Bromo.

Untuk melihat matahari terbit biasanya kita akan dibangunkan oleh sopir jip atau pemilik penginapan, menaiki puncak pendakian dengan mobil pribadi dilarang, karena cukup berbahaya, tapi itu adalah resiko selip di lautan pasir . Hal ini terkadang masih ditemui mobil putus asa, tapi tidak perlu direplikasi, membiarkan para ahli membimbing kita.

Kami berangkat sekitar 03:00 untuk segera pergi ke gunung Penanjakan. Lagu dimulai dengan menuruni bukit dan kemudian lautan pasir, setelah itu akan langsung curam trek menanjak, hingga atas Penanjakan.

Gunung Bromo memang spektakuler. Jadi, jangan berharap gunung tenang, terutama selama akhir pekan. karena kapan waktu yang terbit di Penanjakan. pemburu sunrise telah siap untuk menangkap momen matahari terbit yang terkenal. Baik dengan kamera saku dan kamera profesional.

Selesai melihat matahari terbit di Penanjakan, kami pergi ke kaki Gunung Bromo. Untuk melihat kawah Gunung Bromo. ada sebuah kuil di mana orang Hindu Tengger melakukan upacara keagamaan seperti upacara Kasada (setahun sekali) .Jeep hanya bisa membawa kita sekitar 400meter dekat kuil dan kemudian kami harus berjalan. Cukup banyak Anda tahu, tapi jangan takut dari mereka yang melakukan cara tidak kuat karena di sana kita bisa menyewa jasa kuda yang siap untuk membawa kami ke memanjat tangga, harga sewa kuda 50.000 – 100.000 –

Tips

Kenakan jaket tahan dingin terbuat dari kutub dan tidak menembus angin, serta sarung tangan, kaus kaki dan tutup kepala.
Tapi jangan takut Di Lawang daerah Cemoro kita dapat menemukan penjual peralatan seperti jaket, sarung tangan atau kaus kaki dll dengan harga yang terjangkau.

Info Geografis

Gunung Bromo merupakan salah satu dari beberapa gunung yang termasuk dalam Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Untuk belum tahu bromo ini terletak di Jawa Timur. Taman Nasional Bromo area ini mencakup 50.273.30 hektar dataran tinggi dipenuhi dengan pegunungan dan hutan lebat. Taman nasional ini dibagi menjadi empat kabupaten: Malang, Pasuruan, Probolinggo dan Lumajang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *