// //

Kawah Wurung Pemandangan Mempesona di Bondowoso Jawa Timur

Kawah Wurung salah satu wisata alam yang memiliki keindahan memukau terletak di Desa Jampit, Kecamatan Sempol, Bondowoso Jawa Timur. Kabupaten ini, memang banyak di kenal oleh banyak orang sebagai kunjungan wisata alam membahana, salah satu rifalnya yaitu wisata kawah Ijen. Jika kita membicarakan tentang keindahan kawah ijen, tentunya sudah banyak tahu akan keindahan yang di milikinya, ciri khas dari kawah bersumber belerang dan danau yang tergenang oleh air bertemperatur panas berwarna hijau membeku. Pemandangan ini sangat di minati traveller lokal bahkan internasional. Tetapi perlu anda ketahui jika berwisata di kawah ijen, sangat di sayangkan jika melawati objek wisata yang berjulukan Kawah Wurung di Bondowoso.

Kawah Wurung Bondowoso

Kawah Wurung Bondowoso Jawa Timur

Banyak orang berpendapat kontroversi dengan sebutan Kawah Wurung bagi orang yang berbahasa jawa. Sedikit kami jelaskan tentang sebutan itu, arti kata Wurung menurut bahasa jawa adalah Gagal. Jadi kalau kita mendenifisikan dalam bahasa Indonesia adalah kawah gagal atau untuk lebih jelasnya lagi, kita simpulkan kawah tak jadi. Nah! biar kita tidak merasa bingung dengan alasan dari sebutan kawah wurung, mari kita ikuti pembahasan selanjutnya.

Konon menurut penduduk sekitar, kawah Wurung merupakan penyebaran kaldera gunung kawah Ijen. Bukti tersebut bisa kita lihat dari bentuk lembah yang menganga menyerupai kaldera. Keindahan kawah wurung tidak akan mengecewakan bagi para pengunjungnya, meski tempat ini tak sebooming gunung kawah ijen. Pemandangan yang membuat orang terkesima olehnya adalah perbukitan dengan ukuran sedang di selimuti oleh hamparan hijau rumput menyerupai karpet atau lebih jelasnya seperti bukit savana. Jika selama ini kita hanya melihat pemandangan itu dari layar televisi, sudah saatnya kita menyaksikan secara langsung  di kawah wurung.

Kawah wurung sangat di minati oleh wisatawan, lebih-lebih tempat ini sangat cocok di jadikan background pemotretan dalam pesta perkawinan. Selain elok pemandangannya, tempat ini memiliki udara sejuk dan rimbunnya pepohonan di sekeliling perbukitan kawah wurung membuat kita betah bersantai di tempat ini. Bila dilihat dari pemandangannya kita akan ingat pada bukit teletubbies di wisata Bromo, karena identik dengan kehijauan rumput tinggi yang bergelombang.

Akses Jalan Kawah Wurung

Rute Menuju Kawah Wurung Bondowoso

Akses jalan atau rute menuju kawah wurung Bondowoso jika kita tempuh dari Surabaya akan membutuhkan waktu sekitar 6 jam lamanya.  Jarak antara wisata Kawah Ijen apabila dari arah barat jalan pantura kita lebih baik mengunujungi Kawah Wurung terlebih dahulu, baru kemudian ke gunung Ijen. Alur lebih cepat dan mudah untuk dilewati sebagai acara liburan di Jawa Timur, menjadi hal terpenting demi kelancaran bersama. Dalam hari weekend jalan raya panturan sudah pasti di padati oleh roda empat juga oleh roda dua, mereka telah berencana mulai sebelum liburan ingin menyempatkan menjelajahi tempat wisata di Jawa Timur sperti kawah Wurung,