// //

5 TIPS BERWISATA KE GUNUNG KAWAH IJEN BANYUWANGI

Tips Wisata Ke Kawah Ijen - Gunung Kawah Ijen bagian dari referensi liburan di Jawa Timur memang patut dijadikan sebuah agenda dalam menghabiskan luang anda. Dan kebutulan di saat ini objek wisata kawah ijen menjadi destinasi favorit oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Memang tips pendakian ke gunung Ijen hampir sama dengan tips wisata ke Bromo, ada step-step dibagian awal sampai akhir. Mengapa begitu adanya? beberapa fenomena alam sangat langka kita temui di antara wisata gunung lainnya. Salah satunya kawah sumber belerang terbesar di Indonesia, danau air panas berwarna hijau, dan paling spektakuler adalah fenomena alam yang berupa api biru (Blue Fire). Untuk mencapai itu semua diperlukan tata cara alur mekanisme liburan yang benar dan menjadi kenangan terindah.

Tips Wisata Ke Kawah Ijen

Wisata Kawah Ijen, Paket Wisata Kawah Ijen, Paket Tour Bromo

Wisata kawah Ijen merupakan gunung aktif yang berada di perbatasan Bondowoso dan Banyuwangi, gunung ini memiliki ketinggian mencapai 2443 mdpl dengan tingkat suhu mencapai 10 derajat celsius di malam hari. Berwisata di kawah ijen sangat identik dengan wisata exstrim di mana semua pengunjung harus mempersipakan fisik mental dan perlengkapan demi kelancaran, keamanan dan kenyamanan selama pendakian berlangsung.

Kronologi untuk mencapai kepuasan dan kenyamanan  selama Pendakian ke Kawah Ijen sangatlah mudah. Wisatawan di wajibkan bangun sekitar jam 3 dari hotel, lalu mempersiapkam diri untuk menuju ke start pendakian (Paltuding), dan yang terahir memulai pendakian dari paltuding menuju puncaka kawah dengan jarak sekitar 4 kilo, Akan tetapi tidak jarang sebagian wisatawan memulai pendakian di malam hari sekitar jam 1 malam bagi yang ingin menyaksikan fenomena api biru (Blue Fire). Tentu pendaki di wajibkan siap baik secara mental dan fisik yang benar-benar fit. Nah! kali ini kami akan berbagi tip demi mempermudah dan kenyamanan berwisata di gunung kawah ijen.

Wisata Kawah Ijen, Tips Pendakian ke Gunung Kawah Ijen, Paket Wisata Bromo

5 Tips Mendaki ke Gunung Kawah Ijen Banyuwangi

1. Stamina 
Di setiap kita akan melakukan pendakian syarat satu ini memang menjadi keutamaan untuk mencapai apa yang kita inginkan. Kalau kita kembali dengan apa yang kami sampaikan di atas, gunung ijen  memiliki ketinggian mencapai 2443 mdpl, panjang pendakian 4 kilo, dan medan yang di lalui jalannya berpasir yang terjal dengan kemiringan sekitar 55 derajat. Bagi yang ingin menyaksikan fenomena api biru, pendakian di mulai jam 1.30 wib. pastinya lebih membutuhkan setamina extra, di mana kita harus bangun lebih awal dan menerjang suhu dingin yang mencapai 10 derajat selsius.

2. Perlengkapan 
Dengan perlengkapan yang dapat membuat kita kurang nyaman dalam setiap pendakian tentu mangakibatkan suatu hal yang negative. Tentu saja kita menganjurkan saat mendaki gunung kawah ijen yang tidak patut  kita lalaikan adalah jaket tebal, sepatu gunung, senter, dan obat-obatan. Namun yang paling utama perlengkapan yang sangat fatal jika kita lalaikan adalah masker untuk melindungi gangguan pernafasan dari gas racun yang di semburkan kawah ijen. Di mana gunung kawah ijen selain memiliki pesona alam yang memukau, juga salah satu kawah yang memiliki sumber belerang terbesar di Indonesia.

3. Perbekalan Makan dan Minum
Pendakian yang begitu menguras setamina, dapat mengurangi cairan di tubuh kita, di saat pendakian mencapai setengah perjalanan kita akan terasa haus dan lapar, dengan terjadinya hal seperti ini, tentu menghambat perjalanan kita. Maka dari itu, makanan dan minuman harus di siapkan sebelum pendakian di mulai. Sebenarnya, setlah kita menempuh perjalanan 2 kilo meter, di sana kita akan menemui warung sederhana, Namun di saat kita melakukan pendakian di malam hari, warung tersebut masih tutup, baru buka sekitar jam pagi.

4. Pakai Jasa Guide 
Pemandu wisata atau guide itu adalah faktor utama bagi kawasan pegunungan ini, mengingat rute ke kawah Ijen sedikit sulit bagi pemula. Keutamaan guide selain membantu juga dapat menjadi teman baru dalam liburan, sehingga suasana akan lebih berbeda dari pada kita berangkat sendiri tanpa menggunakan pemandu lokal. Biasanya agent dari travel sudah menyediakan jasa guide profesional yang ahli juga berpengalaman. Hal ini untuk mengetahui secara detail tentang sejarah asal usul gunung kawah ijen atau pengunjung disetiap harinya biasa menggunakan jasanya.

5. Cari Penginapan di Area Objek Wisata
Penginapan homestay atau losment di kawah ijen memang terbatas keberadaannya. namun kalian bisa menggunakan rumah penduduk supaya harga lebih murah. Jarak akan membantu anda untuk menghemat tenaga dalam pendakian menuju ke kawah

Tips Pendakian ke Ijen, Tips Liburan Ke Ijen, Paket Wisata Bromo Ijen

Mudah mudahan 5 Tips Berwisata ke Kawah Kawah Ijen diatas akan membantu dalam rencana kalian untuk pendakian ke gunung Ijen. Paling terpenting harus mematuhi peraturan sesuai apa yang diterapkan oleh pengelola kawasan ini. Kurangi beban bawaan selalu positif thinking dan optimis ketika akan mendaki ke gunung kawah ijen. Info penyedia layanan online paket wisata Bromo dan Kawah Ijen silahkan berhubungan langsung via telepon atau email di contac website ini. Barang kali bisa membantu peran liburan Anda bersama kawan-kawan ataupun pacar.

Link Terkait :