// //

Misteri di Balik Keindahan Gunung Bromo

sejarah bromo, misteri bromo, tips ke bromo

Misteri Gunung Bromo yang Selama Ini Belum Anda Ketahui

Misteri Gunung Bromo - Keindahan gunung bromo tak pernah ada habisnya untuk di explor bagi wisatawan untuk mengunjunginya. Dari satu sisi ke sisi lain tidak akan menutup-nutupi untuk memperlihatkan pesonanya. Obyek wisata ini bagian dari wisata alam yang terletak di Indonesia yang dapat memikat wisatawan lokal maupun mancanegara. Gunung bromo dikenal dengan gunung berapi yang masih aktif, ketinggian mencapai 2300 mdpl, dan di kelilingi oleh kaldera atau hamparan pasir luas yang mencapai 10 hektar persegi. Meski tidak memiliki ketinggian yang terlalu menjulang, Namun umat hindu di kawasan gunung bromo mempercayai sebagai gunung sakral atau suci.

Jika di lihat dari namanya, bromo adalah bahasa jawa yang artinya brahma dengan kesimpulan dewa brahma. Penduduk sekitar mempercayai gunung bromo merupakan tempat berkumpulnya roh leluhur yang telah wafat, bahkan dalam satu tahun sekali, umat hindu tengger tidak pernah melewatkan upacara suci yang di sebut dengan upacara kasada. Upacara tersebut di ritualkan dengan membuang sesajen ke dalam kawah Bromo untuk di persembahkan ke roh nenek moyang mereka. Selain itu, mereka berkumpul di pure yang terletak di kaki gunung bromo dengan membaca mantara yang di pimpin oleh dukun atau kepala suku.

Sejarah Bromo - Pesona gunung bromo bukan hanya sekilas bentuk dan keunikannya saja. Tetapi keindahan yang tidak boleh kita lewatkan adalah menikmati keindahan matahari terbit, Untuk bisa menikmati moment sepesial ini, biasanya wisatawan memuncak di malam hari. Untuk dapat menempuh ke gunung penanjakan, wisatawan di wajibkan menggunakan hartop penduduk sekitar yang memiliki kekuatan super power. Sehubangan dengan itu, rute tempuh menuju gunung penanjakan tersebut sangat ekstrim, dengan perlintasan hamparan pasir luas, dan jalanan menanjak.


Tips Menuju Bromo Agar Aman dan Selamat

Kejadian aneh yang masih menjadi misteri di gunung bromo yang sering terjadi di alami para pengemudi jeep adalah hilangnya arah laju kendaraan di saat melintasi kaldera di gunung bromo, Padahal mereka sudah terbiasa bahkan hampir setiap pagi membawa wisatawan menuju ke gunung penanjakan. Kejadian itu bermula turunnya kabut tebal yang membatasi jarak pandang pengemudi. Di sisi lain, ada yang mengatakan, pengemudi di haruskan membunyikan klakson sebelum masuk area lautan pasir, itu pertanda kita mengucapkan permisi terhadap mahluk goib yang menjaga di sekitar gunung bromo, agar di beri petunjuk dan keselamatan utamanya.

tips ke bromo, sejarah bromo, misteri bromo

Kejadian mistis lain, orang  yang hilang tanpa jejak tanpa suatu alasan yang pasti, atau tiba-tiba ada benda jatuh yang menimpanya sehingga mengakibatkan kematian. Lantaran itu, di sebabkan orang tersebut melakuakan suatu yang tidak pantas atau menyalai aturan yang ada. Bahkan di setiap tempat yang kita singgahi terdapat nilai kesucian, yang harus kita jaga adalah perkataan, prilaku dan niatan. Supaya tidak menimbulkan rasa marah atau terganggu terhadap mahluk goib yang menghuninya. Sekian ulasan yang bisa kami bagikan terhadap Anda semua.

Tips ke Bromo juga kita dapat mengambil hikmah dari kejadian sebelumnya. Dimana ketika kita mengunjungi sebuah objek wisata ada baiknya untuk menjaga sopan santun dan perilaku kita. Hal ini berlaku tidak hanya di Bromo saja tapi juga di tempat lain. Karena sebuah objek wisata tentunya memiliki penunggu yang sudah lama berada di tempat tersebut. Ada baiknya kita mengambil sisi positifnya saja, dengan berperilaku baik kepada lingkungan apa lagi masyarakat sekitar sehingga timbul dampak positif pula seperti menjaga kebersihan dan lain sebagainya. Sebuah aksi positif demi kebersihan tempat wisata menunjukan bahwa wisatawan tersebut peduli terhadap budaya dan wisata yang dimiliki oleh Indonesia yang kaya raya ini.

Artikel Terkait