// //

Harga Tiket Masuk Wisata Kawah Ijen Terbaru

Harga Tiket Masuk Kawah Ijen - Wisata alam gunung kawah ijen Bondowoso Jawa Timur adalah sebuah lokasi kawasan dikelola langsung oleh taman nasional Baluran. Plesiran tidak ada namanya gratis, lihat saja sejak awal tahun 2014 lalu TWA gunung kawah ijen oleh pemerintah ditentukan lewat peraturan menteri kehutanan tarif tiket masuk ke ijen naik. Kenaikan itu sudah syah di tandatangani menteri, dampak tersebut biasa saja kedengarannya tidak seberapa booming ketika wisata Bromo mengalami hal yang sama.

Ketika saya menemui seorang wisatawan dari Jakarta, dia lagi mendaki ke kawah gunung ijen. Saat itu baru saja tarif tiket masuk naik, trekking sampai di tengah-tengah iseng saya bertanya mengenai kenaikan harga tiket ke kawah ijen dia menjawab sambil sedikit tersenyum tidak terlalu mempermasalahkannya. Selagi aman rute ke kawah ijen dia senang keramahan seorang penambang belerang ikut memberi semangat mendaki sampai ke kawah.

Sebelum mengunjungi tempat wisata tips dan informasi adalah hal utama kita pahami terlebih dahulu. Khawatir bila mana sudah sampai kita malah kebingungan, mengantisipasi hal ini menjadi wajib hukumnya untuk anda. Seumpama ada kebutuhan utama tidak di perjual belikan di sana, kita membawa bekal dari rumah. Membawa air mineral itu lebih penting,  mengingat tanjakan jalan sejauh 2 km baru akan menemukan warung kecil ketika mau sampai di kawah ijen.

Daftar Tarif Harga Tiket Masuk Wisata Kawah Ijen

Ada dua versi tarif langsung di tanda tangani oleh ketua bidang konservasi sumber daya alam wilayah III Jawa Timur :
• HTM untuk wisatawan domestik :
- Hari Kerja : Rp 5.000
- Hari Libur : Rp 7.500
• HTM untuk wisatawan mancanegara :
- Hari Kerja : Rp 100.000
- Hari Libur : Rp 150.000

Berapa tiket masuk ke kawah ijen, paket wisata kawah ijen

Masih ada lagi extra biaya selain tiket masuk ke kawah Ijen, apabila kita membawa camera pocket dan handycam itu akan dikenakan biaya masuk Rp 25.000. Terkecuali jika seoarang pelajar / mahasiswa melakukan penelitian, biaya tiket masuk gratis asalkan ada surat rekomendasi dari fakultas bersangkutan. Apabila tujuan tersebut hanya hobi belaka, tanpa ada diskriminasi harga sesuai apa yang di tetepakan oleh dinas kehutanan penegelola daerah konservasi alam gunung kawah ijen.

Harga tiket masuk kawah ijen tetap berlaku sampai saat ini bulan februari tahun 2016. Rencana yang akan datang demi pembangunan infrastruktur di kawasan ini, akan di berlakukan kenaikan tiket kembali. Namun jika keadaan tidak memungkinkan dinas terkait kemungkinan besar mengurungkan rencana itu, karena akan berdampak kepada wisatawan langsung. Peminat untuk mendaki ke wisata kawah ijen secara grafik akan menurun apabila tiket dibilang terlalu mahal.