// //

Gempa Erupsi Gunung Bromo Menurun

Sudah dua bulan lamanya gunung bromo menyemburkan abu vulkanik. Gempa tremor dan semburan kerikil sempat muncul dari kawah, sekarang status gunung bromo menurun hanya semburan abu mengarah mengikuti arah angin. Intensitas abu ringan mengarah ke lahan pertanian pemukiman warga suku tengger bromo, kejadian ini membuat mereka pasrah. Musim tanam sayur yang menghabiskan benih dan pupuk dengan harga puluhan juta rupiah telah sirna akibat muntahan abu vulkanik mengarah ke lahan mereka.

Penurunan status gunung bromo saat ini disambut baik oleh pengusaha perhotelan di Probolinggo, kisaran tamu setiap hari sampai 20 -25 orang yang memesan kamar. Dulu saat masih status normal pengunjung wisata Bromo setiap hari berkisar antara 1500 -2000 wisatawan, kadang kamar hotel di dekat gunung bromo full di booking. Sampai penginapan homestay atau villa menjadi alternatif bermalam oleh tamu.

wisata bromo, paket wisata bromo


Status Erupsi Gunung Bromo Menurun

Menurut petugas pos pantau pusat vulkanologi dan mitigasi bencana geologi (pvmbg), penurunan status bromo terdeteksi pengurangan gempa tremor dalam setiap harinya. Suara gemuruh pun mulai berkurang, dalam radius 2,5 km tetap dijadikan zona aman. Ke khawatiran kepala balai besar pengelola taman nasional bromo tengger semeru Ayu Dwi Utari mengungkapkan belum ada ijin resmi untuk membuka kembali wisata Bromo.

Mengingat status kawah gunung bromo masih fluktuatif, pemerintah menganjurkan wisatawan melihat fenomena alam langka ini dari tempat aman yaitu seruni point (penanjakan 2).  Penyampaian ini di pertegas langsung oleh menteri sosial Khofifah Indar Parawansa melakukan peninjauan langsung ke lokasi untuk kembali berwisata ke bromo seperti biasa. Dengan adanya warga beraktifitas setiap hari menyewakan jasa jeep, penginapan dan jasa persewaan kuda.

Pernyataan menteri sosial akhirnya bisa meminimalisir ketakutan wisatawan hendak liburan ke bromo. Secara tidak langsung penguatan rasa kepercayaan kepada pecinta plesiran  hingga memberi sedikit peluang resiko ruginya pemilik agen travel ke bromo. Peran inilah yang di harapkan para pelaku usaha kreatif, ikut membantu melalui media informasi berbobot cepat dan akurat dapat di percaya oleh masyarakat Indonesia.

Jumlah wisatawan ke Bromo menurun drastis dampak erupsi

Terbukti ketika malam pergantian tahun baru 2015 ke 2016 kemaren jumlah pengunjung ke bromo sungguh mengejutkan sekali. Bagaimana tidak moment yang seharusnya di jadikan tempat merayakan tahun baru, justru sebaliknya mengalami penurunan akibat erupsi. Pengelola TNBTS membatasi pengunjung melintasi kaldera bromo, nereka hanya di perbolehkan dalam radius 2,5 km dari kawah.

Hal ini pengalihan tempat wisata lebih membludak di Batu Malang, secara tidak sengaja planning dari paket wisata Bromo  di alihkan ke kota Batu. Disana sejak bromo berstatus siaga sepanjang jalanan menuju objek wisata macet, begitu juga antrian tiket masuk di Jatim Park 2 terlihat dari jalan pantura. Fakta terjadi bahwa Jawa Timur patut di jadikan contoh oleh provinsi lain, demi mengembangkan potensi wisata di daerahnya.