// //

Keunikan Rumah Pohon Kayu di Kota Batu Malang

Rumah Pohon Kayu di Batu Malang - Salam pariwisata buat semua traveller kali saya akan membahas tentang omah pohon kayu di kota Batu Malang Jawa Timur. Kedengarannya sih sedikit aneh memang seperti tidak akan ada rumah di atas pohon, di sini ada tempat dimana terdapat rumah di atas pohon. Ide ini terbentuk oleh pemuda desa setempat, gagasan mereka ingin melestarikan alam hingga akhirnya terbangunlah sebuah omah kayu dengan desain kayu nuansa alami nan asri dan juga dukungan oleh pihak perhutani. Kota wisata Batu Malang cukup kreatif memunculkan ide bagaimana caranya ada sesuatu yang beda hingga akhirnya terbukti sampai detik ini wisatawan berkeinginan menginap di bangunan asli terbuat dari kayu.

omah kayu batu malang, wisata Batu Malang

Rumah Pohon (Omah Pohon) Kayu Batu Malang

Omah Pohon Kayu di kota Batu sendiri memanfaatkan pohon pinus besar yang sudah berumur puluhan tahun sebagai penopang atau  pondasi agar lebih tahan lama dalam segi kekuatan. Pohon tersebut berada di atas bukit belantara hutan pinus dengan ketinggian 1.340 mdpl, bagi yang masih pobia akan ketinggian tidak usah khawatir omah pohon kayu ini nanti akan dapat mengobati Anda. Kenapa begitu ? view pemandangan menakjubkan disitu begitu nyata ketika mata kita menengok ke bawah semua bangunan rumah yang berada di pusat kota Batu akan terlihat indah di tambah kehijauan bukit terbentang sepanjang mata memandang. Paling menakjubkan lagi ketika waktu menjelang malam, lampu hiasan kota seperti bintang di atas langit yang cerah.

Alamat Lokasi Omah Pohon Kayu Batu Malang

Rute omah pohon kayu tidak terlalu jauh, hanya berjarak 25 km dari jantung Kota Batu. Berada di Desa Sumber Rejo, Kec. Batu jalan menuju ke Kabupaten Kediri melewati beberapa objek wisata terkenal di Batu. Lokasinya di bilang cukup strategis karena dekat dengan beberapa lokasi wisata Batu, diantaranya Air Terjun Coban Rondo, Museum Angkut, Jatim Park 2, Batu Night Spectaculer dan beberapa tempat wisata lainnya. Sehingga ketika menginap di omah pohon kayu tidak memerlukan waktu lama, cukup waktu sekian menit saja tempat yang Anda inginkan akan terlampaui mengendarai mobil. Lokasi omah pohon kayu sendiri berdekatan dengan paralayang Batu, pada waktu siang hari kita dapat melihat aktivitas para wisatawan menggunakan paralayang.

lokasi rumah pohon kayu, harga tiket masuk omah pohon kayu Batu Malang


Kadang kala sensasi menginap di omah kayu mengingatkan kita pada jaman dahulu, seingat saya waktu kecil ada film tarzan yang hidup dihutan bersama penghuni disekitarnya. Mereka masih menggunakan peralatan terbuat dari kayu, bahkan tempat berteduh untuk istirahat mereka menggunakan kayu yang berpondasikan pohon besar dan digantung di atas dengan peralatan sederhana. Rumah pohon kayu di Batu Malang sedikit tidak jauh beda mungkin seperti dulu waktu masih tidak ada bahan bangunan seperti jaman modern saat ini, gedung-gedung menjulang tinggi terbuat dari besi, beton dan material yang bisa membangun rumah di perkotaan.

Harga Tiket Masuk dan Booking Rumah Pohon Kayu Batu Malang

Harga tiket masuk ke omah pohon anda akan dikenakan 5000 rupiah saja,  harga segitu cukup murah menurut saya. Terbilang tempat ini terdapat pepohonan hijau, view untuk kita abadikan sangat mendukung. Dan harga booking penginapan hotel pohon omah kayu Batu berkisar antara 350 ribu pada hari biasa, sedangkan di hari libur berbandrol 450 ribu. Standar harga yang ditawarkan setara oleh fasilitas di dalamnya, karena beberapa fasilitas akan di dapatkan sebagaimana hotel berbintang tiga. Kapasitas maksimal omah pohon kayu minimal 2 orang sampai 3 orang, di dalam terdapat bed pemandian air hangat juga toilet yang berdampingan di samping kamar.

Untuk melihat view pemandangan malam hari , lampu kota merupakan puncak view terbaik jika dilihat dari teras kamar yang berukuran 6x4 ini. Rumah pohon kayu di Batu Malang dalam segi desain tidak terlalu istimewa, namun perbedaan juga sensasi bagai menginap di atas pohon jarang terdapat didaerah lain. Itulah sebabnya pengunjung wisata dari berbagai daerah ingin menikmati suasana menginap di Rumah pohon Kayu Batu yang terbatas jumlahnya sementara terdapat 8 kamar. Booking paket Wisata Bromo kepada kami dan jika ingin mencoba menginap di rumah pohon, pesan segera paket wisata Bromo Malang Kota Batu dalam durasi waktu 3 hari 2 malam.