// //

Kawah Ijen Tujuan Utama Selain Wisata Bromo di Jawa Timur

kawah ijen tour, wisata bromo, paket wisata bromo ijen murah

Kawah Ijen Tour Tujuan Utama Setelah Wisata bromo


Kawah Ijen merupakan destinasi tour untuk tempat berlibur yang terlingkup dalam provinsi Jawa Timur. Tempat ini sudah tidak di asingkan lagi oleh para treveler baik dari wisatawan lokal maupun mancanegara, persis dengan wisata Bromo. Bahkan, sejak tahun 2012 pelancong telah berdatangan ingin mendaki di Taman Nasional ini di perkirakan mencapai 18.420 jiwa dari mancanegara, dan 9.689 wisatawan lokal (domestik). Wisata Kawah  Ijen juga salah satu tujuan utama di Jawa Timur selain gunung bromo. Kedua objek tersebut sama-sama memiliki nilai keindahan dan keunikan yang tidak di ragukan lagi, sejarah antara kerajaan sampai jaman hindia belanda ada di tempat ini.

Kawah Ijen Popularitas Kedua Setelah Wisata Bromo

Namun, yang menjadi kendala bagi para pelancong adalah tempat hunian atau tempat penginapan masih bisa di katakan minim bahkan masih belum bisa memfasilitasi kenyamanan pengunjung yang telah ada. Di karenakan daerah kawasan wisata Kawah Ijen ini masih menjadi kekuasaan perhutani kebun kopi. Beda halnya, jika kita sedang berwisata ke gunung bromo, berbagai tempat sewa penginapan baik hotel maupun villa yang sama-sama memiliki fasilitas cukup memadai untuk setiap pengunjung. Dalam level kawah Ijen seharusnya hotel juga penginapan berbintang harus sudah ada, dekat pula jaraknya.

Kekurangan fasilitas menjadi prioritas utama untuk bisa dikenal kalangan luas, beruntung di kawah Ijen terdapat sebuah homestay peninggalan di jaman belanda. Pada jaman penjajahan dulu Banyuwangi sempat di kuasai oleh kolonial Belanda, pada akhirnya penjajah mendirikan sebuah penginapan di deket kawah Ijen sebagai peristirahatan tamu penting sekutu. Sampai sekarang tetap berdiri kokoh baik dalam segi arsitek bangunan dan benda-benda peninggalan hindia belanda. Karena pada tahun 1945 Indonesia merdeka, sekutu akhirnya mengakui kemerdekaan tersebut hingga pulang ke negaranya.


Mengapa Kawah Ijen Banyak Pelancong Dari Belanda ?

Untuk mengetahui sejarah kawah Ijen dikunjungi oleh wisatawan asing mungkin berkaitan pada jaman penjajahan terdahulu. Sedikit banyak peninggalan di daerah sana masih ada sampai sekarang, baik itu berupa bangunan hotel, juga kebun kopi khas di lereng Ijen. Aroma kopi luak bisa kita nikmati di homestay kawah Ijen, kopi terkenal sejak petani kopi disana mengolah menjadi aroma khas yang tiada duanya. Harga di bandrol lebih mahal dengan kopi biasa, karena melalui nproses sangat lama, mungkin itu yang menyebabkan kopi daerah sana menjadi mahal.

Ketika Gunung Bromo di tetapkan oleh pemerintah dengan status siaga sejak november 2015 sampai bulan Januari 2016 hingga saat ini masih fluktuatif, wisata Kawah Ijen adalah solusi kedua buat kita explore. Paket Wisata Bromo kian mengalami penurunan oleh konsumen, sebab inilah pengusaha bidang travel mengeluh karena berkurangnya pendapatan mereka. Tapi namanya rizeki tuhan semua mengatur, masih banyak lagi tempat wisata di Jawa Timur dapat kita promosikan kepada media sosial. Itu pun tidak kalah jauh aneka bermacam macam tempat wisata kian disukai kealamian alam hingga objek wisata buatan.