// //

Keindahan Memukau di puncak Kawah Ijen Banyuwangi

Kawah Ijen Banyuwangi - Di sekitar jam 04.00 pagi suasana masih terlihat gelap dan suhu dingin masih terasa menggigil di sekujur tubuh, begitulah keadaan udara disana. Di saat itu para pendaki yang ingin menikmati keindahan danau air hijau dan kawah sumber belerang  membesarkan semangat meski harus melawan beberapa tantangan yang bisa di katakan relative berat. Memang di saat memulai pendakian perasaan ini muncul rasa enggan atau malas dan juga kita merasa kurang nyenyak tidur karena jarak yang harus di tempuh untuk bisa menikmati keindahan alam kawah ijen mencapai sekitar 3 kilo dengan ketinggian 2.500 mdpl.

wisata kawah ijen, gunung kawah ijen, bromo ijen tour


Wisata Kawah ijen Banyuwangi

Pendakian dari kaki gunung kawah ijen (Paltuding) menuju puncak kawah bisa di tempuh dangan waktu 1,5 jam. Namun, para pendaki meski belum sampai di titik finish, matahari sudah mulai keluar sekan-akan memberikan sebuah kejutan untuk mata kita untuk bisa melihat bukit-bukit hijau dan pegunungan serta bintik-bintik kabut yang menepel di badan gunung tersebut. Pegunungan yang dapat kita lihat dari pertengahan medan pendakian adalah kawah gunung raung dan gunung meranti.

Gunung raung juga salah satu objek wisata pendakian selain wisata kawah ijen. Medan yang ada di gunung raung tersebut sangat  berat bahkan sedikit berbahaya. oleh karenanya gunung ini agak jarang di datangi wisatawan. Namun demikian meski kita tidak bisa sampai di puncak gunung raung itu, kita cukupkan saja melihat dari puncak kawah ijen. Selain itu, pemandangan yang terpantau dari ketinggian kawah ijen adalah pesisir pantai selat jawa dan bali yang menjadi pemisah kedua pulau, memang sungguh menabjubkan untuk pemandangn yang di suguhkan alam sekitar puncak gunung ijen tersebut.

Gunung kawah Ijen selain menjadi aktivitas medan pendakian untuk para wisatawan, juga menjadi tempat mengais riski bagi penduduk sekitar dengan cara menggali belerang di permukaan kawah untuk di jual dan di storkan ke pabrik-pabrik yang menggunakan bahan belerang tersebut untuk memproduksi. Sungguh sangat memprihatinkan jika kita melihat para penambang sedang bekerja, dengan resiko tinggi mereka terjang demi mencukupi kebutuhan keluarga meraka. Namun ada nilai akrobatis di saat kita melihatnya mereka sedang memikul belerang di dalam basket mencapai 90 kilogram dengan jarak tempuh mencapai 3 klo perjalanan.

api biru kawah ijen, blue fire di ijen, wisata kawah ijen


Warna Api Biru di Kawah Ijen (Blue Fire)

Wisata kawah ijen memiliki 2 kategori pertunjukan keindahan alam yang dapat kita lihat diantaranya Blue Fire Kawah Ijen dan danau hijau. Nah! bagi wisatawan untuk bisa menyaksikan fenomena yang satu ini, kita harus memiliki persiapan extra baik fisik maupun mental. Kenapa demikian?  Kalau kita hanya berwisata kawah ijen saja kita tentu ingin melihat kawah dan danau air hijau saja. Akan tetapi jika kita ingin menyaksikan fenomena alam yang satu ini, kita di haruskan memulai pendakian sekitar jam 12 malam dengan menyusuri hutan riba yang masih gelap gulita dengan perjalanan di tempuh sekitar 2 jam

Setelah itu, kita harus lebih mendekati suber belerang yang sedikit menyebabkan terganggunya alat pernafasan kita. Moment untuk bisa menyaksikan api biru tersebut di saat gelapnya langit sehingga kita bisa melihat keluarnya api dari dalam kawah. Keunggulan dari wisata kawah Ijen Banyuwangi inilah tidak bisa di temukan di dunia, terjadi hanya di Banyuwangi Jawa Timur Indonesia. Apabila Anda penasaran silahkan contac kami melakukan pemesanan jasa paket Wisata Bromo Ijen selama 3 hari 2 malam.