// //

Gereja Merah Probolinggo Kembaran di Belanda Juga

gereja merah probolinggo, lokasi gereja merah, sejarah gereja merah
Gereja Merah Probolinggo - Tidak hanya Wisata Bromo yang mengundang sensasi di Jawa Timur loh, Pernah dengar Gereja merah..?. Ya, Gereja yang berwarna merah mulai dari dinding hingga atapnya. Gereja tersebut berada di Kota Probolinggo Jawa Timur. Tepatnya di Jl. Suroyo 32 Probolinggo, berada di tengah pusat Kota.

Gereja Merah ini juga membunyai nama resmi yaitu Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat (GPIB) Imanuel Probolinggo. Mengapa disebut Gereja Merah?. Menurut para jemaat gereja merah tersebut, warna merah pada dinding dan atap bukan sekedar merah, namun memiliki filosofi yaitu sebagai simbol darah Yesus Kristus yang telah menumbahkan darahnya untuk menyelamatkan dosa-dosa manusia. Selain itu warna merah juga karena keseluruhan bangunan cagar budaya ini didominasi warna merah.

Sejarah Gereja Merah Probolinggo

Gereja Merah Probolingo ini juga memiliki sejarah yang sangat menarik dan penting diketahui karena menyangkut dengan sejarah pada jaman kolonial Belanda. Kenapa?. Yaaa.. Gereja ini dibagun pada masa kependudukan VOC (Vereenigde Oost Indische Compagnie) yaitu sebuah persekutuan dagang Hindia Belanda pada masa pemerintaan Belanda. Pembengaunan gereja dilakukan pada tahun 1862 oleh seorang pendeta bernama Pati Rajawane saat kepemimpinan Bupati Meijer, Bupati Probolinggo yang pertama dan bisa Anda lihat di anak tangga pertama pada saat memasuki gereja merah yaitu Gebound Anno 1862. Seluruh bangunan kebanyakan ternuat dari besi baja yang kokoh yang disusun dengan cara bongkar pasang atau knock down sehingga bernuansa ghotic.

letak gereja merah probolinggo, sejarah gereja probolinggo

Lalu apa kaitannya dengan Belanda?. Nah Gereja Merah di Probolinggo ini adalah kembaran geraja yang ada di Negara Belanda. mengapa?. Bangunan gereja ini dibuat di Belanda dengan bagian bagian terpisah dan diangkut menggunakan kapal kemudian dirakit lagi di lokasi yaitu di Probolinggo. Hal ini terlihat dari jenis bangunan yang mirip seperti bangunan eropa yang kita lihati di film kartun boneka barbie.

Gereja Merah Probolinggo Jawa Timur

Gereja Merah tak kunjung sepi dengan para jemaatnya. Setiap hari pasti ramai dengan orang umat kristiani untuk berdoa di dalam gereja tersebut. Uniknya Gereja Merah ini tidak hanya digunakan untuk berdo'a saja, melainkan bisa digunakan sebagai tempat wisata. Banyak orang dari berbagai kalangan ingin melihat secara langsung bentuk dari gereja ini. Memang mengundang banyak perhatiana masyarakat Jawa Timur khususnya Probolinggo. Pengunjungnya pun tidak hanya dari kota Probolinggo saja, akan tetapi dari Kota-kota lain seperti Pasuruan, Malang, Lumajang, Jember dan Surabaya bahkan dari Belanda ingin mengetahui tentang keindahan gereja merah ini.

Gereja tua ini selain memiliki ornamen yang unik juga masih terdapat cawan berukuran kecil yang digunakan untuk wadah air babtis pada sakramen Babtis. Cawan kecil tersebut terbuat dari baja sehingga kuat dan tahan lama serta tidak mudah digeser.

Bangunan kuno ini merupakan bangunan yang bersejarah dan harus dirawat agar tidak terkikis jaman. Gereja Merah ini menjadi salah satu diantara bangunan kuno di Indonesia yang terletak di Probolinggo dan digunakan sebagai tempat wisata. Namun masih banyak juga tempat wisata di Probolinggo yang terkenal seperti Air Terjun Madakaripura, BJBR, Pantai Bentar dan lain sebagainya.

Artikel Terkait