// //

Jember Fashion Carnaval Terkenal Hingga Mancanegara

Jember Fashion Carnaval - Anda tentu sudah mengenal mengenai Jember Fashion Carnaval yang sudah banyak menyedot perhatian masyarakat luas. Keindahan dari carnaval tersebut adalah selalu memiliki berbagai tema yang menarik dan unik. Sehingga setiap tahun pasti akan ada yang berbeda dari carnaval tersebut untuk bisa anda nikmati. Pemandangan ini berbeda ketika hendak mau liburan ke Jawa Timur, contohnya seperti kita mengunjungi wisata Bromo dan wisata Kawah Ijen.

Sejarah Jember Fashion Carnaval

sejarah jember fashion carnval
Berkunjung ke Jember saat sedang terjadi perhelatan besar ini akan menjadi keuntungan bagi anda untuk bisa mengetahui sejarah fashion. Anda bisa menemukan berbagai kostum unik yang digunakan oleh para peraga yang mengikuti festival tersebut. Sehingga anda tidak hanya bisa menikmati suasana di jember tetapi juga menikmati carnaval yang diselenggarakan oleh pemerintah setiap tahunnya.

Hal yang jarang diketahui oleh kebanyakan orang adalah visi dan misi dari penyelenggaraan carnaval tersebut. Visi utama dari penyelenggaraan Jember Fashion Carnaval adalah untuk mennjadikan Jember sebagai wisata fashion yang pertama di Indonesia. Sehingga diharapkan acara tersebut dapat meningkatkan potensi yang ada di dalam kota Jember.

Mengenai misi dari carnaval tersebut adalah untuk mengembangkan dunia pendidikan terutama bagi sumber daya manusianya. Selain itu juga untuk perkembangan kesenian, budaya dan tentunya bidang perekonomian masyarakat sekitar. Oleh karena alasan tersebut maka acara carnaval ini terus dilaksanakan tiap tahunnya sehingga visi dan misinya dapat dicapai secara maksimal. 

sejarah jember fashion carnavalSelain anda akan menemukan kostum yang unik juga bisa melihat berbagai jenia motif batik yang biasanya banyak digunakan oleh peserta Jember Fashion Carnaval. Tidak hanya menarik bagi wisatawan domestik tetapi juga sangat menarik perhatian dari wisatawan mancanegara yang akhirnya juga membawa keuntungan bagi masyarakat sekitar. 

Jadwal Jember Fashion Carnaval

Untuk bisa menjadi peserta dari carnaval tersebut tentu bukan hal yang mudah, tetapi harus melalui proses pemilihan yang cukup ketat. Hal tersebut dilakukan untuk bisa memberikan penampilan terbaik bagi masyarakat dan turis yang sedang berada di Jember. Perkembangan yang pesat harus terus dilakukan untuk mencapai misi yang telah ditentukan sebelumnya. 

Pihak pemerintah dan dinas kebudayaan akan melakukan audisi kostum peserta sebelum melakukan audisi sebelum mereka bisa masuk ke dalam barisan Jember Fashion Carnaval. Adanya audisi yang dilakukan akan memaksa para peserta untuk lebih kreatif lagi dalam membuat sebuah kostum. Hal ini juga akan mendorong kualitas penampilan dari acara tersebut semakin baik setiap tahunnya. 

jadwal jember fashion carnaval
Segala upaya terus dilakukan agar tidak sampai mengecewakan para penonton. Perkembangan yang dilakukan membuat masyarakat juga terus bersaing untuk menampilkan yang terbaik dan lebih baik lagi. Pada dasarnya audisi yang dilakukan adalah ajang untuk memberikan evaluasi mengenai kostum yang akan ditampilkan saat carnaval berlangsung. 

Terselenggaranya acara tersebut memang telah membawa nama harum Kota Jember sampai ke ranah internasional. Hal ini tentu sangat membanggakan bagi Indonesia selain juga mengembangkan kepercayaan diri dari anak-anak Jember. Mengingat para model yang berjalan di carnaval dengan berbagai kostum unik dan cantik bukanlah orang yang profesional di bidang itu melainkan masyarakat serta pemuda dari berbagai wilayah di Jember. 

Sebanyak kurang lebih 600 orang akan dikerahkan untuk turun dalam carnaval dengan menggunakan kostum buatannya sendiri. Biasanya kostum luar biasa yang digunakan oleh para model tersebut memiliki berat sekitar 5-10 kg dan harus berjalan sejauh 3,6 km. Tentu perjuangan yang cukup berat untuk mengikuti Jember Fashion Carnaval ini. Namun tentu akan menjadi kebanggaan tersendiri jika anda bisa mendapatkan posisi di carnaval tersebut.

Event Tahunan Menarik Anda Baca di bawah ini :