// //

Menyibak Pesona Tour Bromo

tour bromo, wisata bromo, paket wisata bromo, liburan bromo, travel bromo
Indonesia kaya akan gunung tinggi dengan karakteristik masing-masing. Sebut saja gunung krakatau yang sudah meletus dan meninggalkan gunung anak krakatau sebagai gantinya. Lalu Ada gunung merapi, gunung semeru, gunung rinjadi, gunung bromo dan masih banyak lagi. Sehingga banyak agen tour yang memanfaatkan untuk membuat paket tour khusus salah satunya tour Bromo. Sebab, gunung-gunung tersebut, punya nilai histori yang membuat penasaran untuk dikuak.

Sebagai salah satu gunung tertinggi di Indonesia, dengan ketinggian 3.676 m dari permukaan laut, gunung bromo patut dikategorikan gunung terindah, dan banyak tour Bromo yang mengakomodir wisata di sini.  Karena selain sebagai lokasi pendakian, view gunung serta  keunikan penduduk di sekitar kawasan menjadikan Bromo sulit dilupakan.

Dari Status Hingga Suku Asli Bromo

Banyak cerita di balik keberadaan gunung bromo, ini pulalah yang menjadikannya sangat terkenal bukan saja di dalam negeri tapi hingga mancanegara. Bila musim libur tiba, gunung Bromo akan penuh sesak oleh wisatawan yang ingin memuaskan hasratnya melihat langsung keelokan gunung unik ini.
• Status Aktif
Gunung Bromo merupakan salah satu gunung aktif, dengan durasi letusan yang cukup teratur. Sejak abad 20, terjadi 3 letusan besar gunung Bromo, yang terbesar adalah pada tahun 1974, dan terakhir terjadi pada tahun 2011. Menariknya walaupun aktif, namun tetap terbuka untuk tour Bromo yang disediakan jasa travel agen. Tapi ada kawasan berbahaya yang tidak boleh dikunjungi yaitu jari-jari 4 km dari kawah gunung. Karena selain masih terdapat semburan lava, juga kandungan beracun di sekitar wilayah ini yang berbahaya.
• Pasir Hisap Misterius
Pasir hisap merupakan kaloid hidrogel gabungan pasir, tanah liat serta air. Letaknya diantara sumber air seperti rawa, sungai atau pantai. Kenapa disebut pasir hisap, karena jika manusia berada di kawasan ini akan terbenam perlahan-lahan sebab densitas pasir lebih tinggi daripada pasir tersebut. Nah, di kawasan Bromo, konon kabarnya terdapat lokasi pasir hisap di daerah padang savana. Tapi koordinat pastinya tidak ada yang tahu. Jadi jika Anda berkunjung ke Bromo, pastikan Anda  bertanya kepada penduduk sekitar atau guide kawasan mana saja yang bebas dilalui. Sebab sebagian besar kawasan sekitar gunung bromo merupakan hamparan pasir.
• Legenda Suku Tengger
Suku tengger merupakan suku asli yang mendiami kawasan gunung Bromo. Menurut sejarahnya nama tengger berasal dari nama pasangan Rara Anteng dan Jaka Seger yang hidup di kawasan ini. Tengger juga berarti berbudi pekerti luhur.. Ada juga yang menyebut tengger merupakan tegak atau tempat bermukim. 

Suku ini sudah ada sejak berabad lalu, mereka merupakan penganut ajaran Hindu. Dan selalu melakukan ritual penyembahan Kosodo setiap akhir tahun, dengan memberi sesajen berupa hasil produksi sawah, ternak dan kebun mereka ke kawah gunung Bromo. Mereka percaya dengan ritual tersebut akan memberi kesejahteraan bagi mereka dan anak cucu mereka nantinya. Ritual ini juga sangat dinanti oleh para wisatawan tour Bromo, jadi setiap akhir tahun merupakan puncak pengunjung di gunung Bromo, apalagi pada tanggal 14 hingga 16 yang merupakan jadwal suku Tengger melakukan ritual mereka.

Pergi ke Gunung Bromo pasti akan meninggalkan kesan tersendiri bagi Anda. Karena bisa melihat langsung salah satu keajaiban Indonesia, dan saat Anda melakukan pemesanan paket tour Bromo, pastikan Anda sudah paham kemana saja Anda akan melangkahkan kaki, agar tetap berada di zona aman. Selamat menikmati liburan penuh arti Anda dan orang-orang tersayang.

Kenali Suku adat Tengger Lereng Bromo di bawah ini :