// //

PERSIAPKAN HAL BERIKUT SAAT MEMILIH PAKET WISATA BROMO

Paket wisata bromo yang banyak dipilih oleh para wisatawan terkadang menjadikan pihak penyedia jasa kewalahan, terlebih ketika masa liburan tiba. Namun hal yang sama juga dapat terjadi pada pihak wisatawan itu sendiri, ketika mereka tidak melakukan persiapan yang matang untuk dapat mendatangi lokasi wisata gunung bromo. Berikut adalah hal-hal yang perlu anda perhatikan dan persiapkan ketika anda hendak berwisata ke gunung bromo baik bersama teman maupun keluarga anda.

Persiapan fisik
Saat anda menghubungi penyedia jasa bromo tour dan bersiap berpetualang ke gunung Bromo, persiapkan mental dan fisik anda terhadap udara ekstrim di sekitar Bromo dan jangan lupa persiapan obat-obatan untuk anda pribadi atau jika anda juga membawa serta anak usia 7 tahun keatas. Karena tanpa persiapan fisik yang baik sekembalinya dari lokasi wisata, anda bisa jatuh sakit.

Persiapan biaya tidak terduga
Selama perjalanan dari lokasi penjemputan menuju puncak penanjakan gunung Bromo, anda juga harus mempersiapkan uang cash tambahan yang pastinya akan membantu selama perjalanan hingga anda sampai di lokasi tujuan. Saat anda datang ke lokasi wisata dimana banyak penduduk sekitar yang menjajakan makanan di lokasi wisata tersebut, ada baiknya anda mempersiapkan uang dalam berbagai pecahan mata uang sehingga tidak mempersulit pedagang sekitar dalam hal uang kembalian. Uang pecahan besar hanya perlu anda persiapkan, misalnya ketika anda ingin menyewa jeep atau kuda untuk jalan-jalan di area sekitar gunung Bromo.

Pemilihan waktu yang tepat
Ketika anda berniat mengunjungi lokasi wisata bromo di Jawa Timur dengan travel bromo, pastinya ada waktu-waktu tertentu dimana obyek wisata tersebut dapat dikunjungi dengan lebih leluasa. Pada umumnya gunung Bromo lebih menyenangkan ketika dikunjungi sekitar bulan Juni hingga Oktober, karena pada bulan-bulan tersebut kawasan Bromo sedang dilanda musim kemarau sehingga perjalanan yang anda tempuh juga tidak akan terhalang hujan atau angin seperti saat musim penghujan. Namun demikian selama bulan Juni hingga oktober ini, anda juga harus pintar memilih waktu dan tanggal dimana waktu yang anda tentukan sebaiknya tidak berbenturan dengan hari raya, hari liburan sekolah, maupun hari upacara khusus rakyat sekitar gunung Bromo agar anda dapat menikmati pemandangan sunrise dan sunset lebih tenang dan nyaman, tidak terganggu dengan suasana padatnya area wisata atau rasa tidak puas karena  tidak mendapat spot pandang yang bagus selama di puncak. Pemilihan waktu yang pas untuk datang ke gunung Bromo juga akan menghindarkan anda dari konsekuensi membayar ganti rugi atau konsekuensi lain yang harus anda terima ketika anda membatalkan kesepakatan dengan pihak penyedia jasa karena alasan tertentu.

Pemilihan rute dalam paket wisata Bromo

Terkait dengan pemilihan rute wisata, hal tersebut mungkin hanya akan berlaku lebih efektif apabila anda berniat mengambil paket wisata bromo malang misalnya dalam waktu lebih dari 3 hari. Anda harus menanyakan secara detail pada penyedia jasa travel, rute mana saja yang akan anda lewati dan lokasi wisata apa saja yang dapat anda datangi. Setelah anda mendapat kejelasan akan rute wisata, ketika anda beserta rombongan secara kebetulan memiliki agenda yang ingin ditambahkan, maka dengan melihat urutan rute anda akan dapat mengetahui apakah nantinya lokasi tambahan yang anda inginkan dapat dikunjungi atau tidak. Jika tidak memungkinkan, anda juga dapat meminta kepada pihak penyelenggara menambahkan satu lokasi, misalkan itu wisata kuliner atau wisata belanja yang masih satu jalur dengan rutte yang ditetapkan. Dengan demikian suasana liburan bromo anda pasti akan lebih berkesan dan menyenangkan.