// //

Sejarah yang Membuat Bromo Tour Dikenal

bromo tour, wisata bromo, paket wisata bromo, liburan bromo
Tidak ada yang tahu pasti kapan Gunung Bromo di dunia ini. Ratusan atau ribuan tahun yang lalu adalah kemungkinan yang paling besar. Yang pasti, salah satu hal yang paling membuat Bromo tour menarik adalah faktor sejarah Gunung Bromo yang sudah sangat panjang. Ketika Anda berpijak di puncak gunung yang begitu tinggi dan begitu tua, Anda akan merasa seperti sedang melakukan perjalanan menembus waktu ke masa lalu. Anda akan membayangkan mengenai apa saja yang sudah dialami Gunung Bromo dan hal apa saja yang pernah terjadi di sana dalam kurun waktu yang sangat panjang tersebut. Manghirup udara yang begitu segar dan tetap sama selama ribuan tahun mampu membuat hati terasa pilu.

3 Hal Bersejarah yang Membuat Bromo Tour Dikenal

Gunung Bromo memang merupakan tempat yang masih menyimpan banyak misteri. Tentu saja, karena gunung tersebut sudah menjadi tempat tinggal bagi suku asli sana untuk jangka waktu yang amat lama. Suku asli yang tinggal di Gunung Bromo juga memiliki kisah dan mitos menarik tersendiri mengenai bagaimana awal penciptaan Gunung Bromo. Belum lagi Gunung Bromo adalah gunung berapi yang masih aktif dan sudah banyak menghasilkan ledakan yang dahsyat dalam sejarah. Gunung berapi sering dipuja oleh orang zama dahulu sebagai dewa, sehingga hal ini semakin menambah kesan misterius dan perkasanya Gunung Bromo. Pastikan Bromo tour yang Anda ikuti mencakup hal menarik ini.

Berikut adalah 3 hal bersejarah ataupun mitos dan legenda yang membuat Bromo tour dikenal orang:

• Suku Tengger
Suku Tengger adalah suku asli yang sudah tinggal di areal Gunung Bromo sejak zaman dahulu kala. Suku Tengger percaya bahwa Gunung Bromo adalah gunung suci. Suku Tengger merupakan suku beragama Hindu. Mereka diyakini sebagai keturunan langsung yang masih berdarah murni dari Kerajaan Majapahit. Suku Tengger dikenal ramah dan tidak menakuti adanya perbedaan.

• Gunung Suci
Gunung Bromo dikenal sebagai gunung suci karena kisah asal usulnya yang menarik. Legenda yang dipercaya Suku Tengger mengenai penciptaan Gunung Bromo mencakup kisah seorang pria yang bertubuh besar dan kuat sehingga dinamai Joko Seger dan seorang gadis berparas cantik yang ketika lahir ke dunia bahkan tidak menangis atau mengeluarkan suara apapun, sehingga dinamakan Rara Anteng. Nama Suku Tengger dipercaya berasal dari gabungan kedua nama pasangan itu.

• Letusan Gunung Berapi
Ketika mengikuti Bromo Tour, Anda akan disuguhkan cerita mengenai letusan-letusan dahsyat yang pernah dihasilkan oleh Gunung Bromo. Letusan pertama terjadi sekitar 300 tahun yang lalu.

Dalam Bromo tour pasti akan diceritakan asal mula Suku Tengger. Alkisah pemuda bernama Joko Seger jatuh cinta kepada seorang gadis yang terkenal akan kecantikannya yang bernama Rara Anteng. Kemudian datanglah seorang sakti bernama Bajak yang ingin meminang Rara Anteng. Rara Anteng yang jatuh cinta kepada Joko Seger tidak ingin menikahi bajak, tetapi juga tidak kuasa langsung menolak orang berkekuatan sakti tersebut, sehingga ia meminta untuk dibuatkan lautan di tengah-tengah gunung dalam waktu 1 malam. Ia berpikir bahwa permintaan yang mustahil tersebut pasti akan membuat Bajak menyerah.

Bajak yang sakti ternyata mampu melakukan hal itu. Ketika lautannya hampir selesai, Rara Anteng yang gelisah mulai menumbuk padi di tengah malam. Hal itu membangunkan ayam, sehingga mereka berkokok dan menandakan bahwa fajar sudah tiba. Joko Seger dan Rara Anteng pun menikah, dan memulai apa yang akan berkembang menjadi Suku Tengger. Selain ini, masih banyak lagi kisah menarik yang akan Anda dapatkan selama perjalanan Bromo tour. Gunung Bromo yang dipercaya suci menyimpan banyak cerita untuk Anda.

Related post