// //

Berwisata Nyaman Dan Aman Di Bromo Malang

Wisata bromo malang merupakan objek wisata favorit tidak hanya untuk wisatawan lokal tetapi juga banyak digemari oleh wisatawan asing. Gunung Bromo adalah salah satu objek wisata utama di Jawa Timur yang menempati wilayah 4 kabupaten yaitu Lumajang, Malang, Pasuruan, dan Kabupaten Probolinggo sehingga mudah diakses dari arah mana saja. Selain itu gunung yang memiliki ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut ini memiliki track yang mudah didaki untuk pendaki pemula sekalipun bahkan hingga sampai ke bibir kawah pada keadaan gunung yang tenang. Meski begitu,  wisata bromo malang juga harus dilakukan dengan waspada karena Gunung Bromo masih berstatus aktif dengan terakhir erupsi pada tahun 2011. Agar perjalanan bisa aman, Anda bisa menanyakan kepada agen travel bromo Anda atau mengikuti beberapa tips berikut ini.

Hindari berwisata pada musim hujan
Meski infrastruktur sudah baik dengan jalanan yang sudah diaspal, namun kawasan Gunung Bromo juga diliputi oleh area padang pasir yang akan becek dan sulit untuk berjalan bila musim hujan. Jalanan tanjakan untuk menikmati pemandangan kawah dari atas akan terasa lebih licin dan berat karena terguyur hujan. Wisata bromo malang lebih baik dilakukan pada musim kemarau, selain lebih aman, pemandangan gunung atau matahari terbit yang ingin Anda saksikan akan terlihat lebih jelas karena tidak tertutup oleh awan.

Lewat jalur daki yang sesuai kemampuan
Jika Anda sudah terbiasa dengan kegiatan naik gunung, mungkin tidak masalah untuk naik ke kawah atau masuk ke area Gunung Bromo melewati jalur yang menantang dan sulit. Namun bagi Anda yang masih amatir, pilihlah jalur masuk ke Bromo yang lebih mudah dan tidak terlalu jauh. Tanyakan kepada agen bromo tour Anda tentang jalur masuk yang tidak terlalu sulit. Anda bisa melewati jalur Sukapura di Probolinggo karena lebih sedikit tanjakannya dan bisa dilewati oleh bus kecil.  Ketika akan melakukan pendakian, jika merasa tidak kuat, Anda bisa mengeluarkan kocek lebih untuk menyewa kuda demi  menikmati pemandangan kawah.

Cek status Gunung Bromo sebelum naik
Terakhir meletus tahun 2011, Gunung Bromo merupakan gunung volcano yang masih aktif hingga saat ini bahkan masih sering terjadi serangkaian gempa kecil hingga sedang yang terekam. Sebelum wisata bromo malang, cek dulu status keamananan Gunung Bromo. Apabila dalam status waspada, biasanya pengelola dan pemerintah akan menetapkan batas radius aman yang boleh dikunjungi oleh wisatawan. Jangan langgar batas ini jika Anda masih ingin pulang ke rumah dalam keadaan utuh.  Patuhi pula peraturan yang dipasang di beberapa tempat di kawasan Gunung Bromo demi keselamatan dan kenyamanan bersama.

Berwisata Nyaman Dan Aman Di Bromo Malang

Kawasan Gunung Bromo juga malang adalah kawasan bersuhu dingin yang kadang bisa mencapai suhu minus di bawah 0 derajat celcius. Selain itu ketika Anda berkunjung pada musim kemarau, maka hembusan angin akan mengandung banyak debu dari gurun pasir di area gunung. Oleh karena itu persiapkan dengan pakaian hangat berlapis dengan syal, topi atau kupluk, sarung tangan, dan celana panjang.  Jangan lupa siapkan masker yang tidak hanya melindungi Anda dari debu tetapi juga untuk mengurangi bau belerang yang berasal dari kawah Bromo yang mengepul.  Jika perlu tanyakan pada agen wisata bromo malang untuk perlengkapan apa saja yang sebaiknya dibawa sehingga pada saat berkemas semuanya sudah dipersiapkan.