// //

BACKPACKER KE GUNUNG BROMO

Wisata ke Gunung Bromo merupakan perjalanan yang rugi apabila dilewatkan. Kemudahan akses menuju ke lokasi wisata Gunung Bromo membuat pengunjung tidak akan menemukan kesulitan berarti untuk pergi ke sana. Beberapa wisatawan yang ditemui di sana juga tidak semuanya menggunakan paket wisata. Para wisatawan di sana sangat beragam mulai dari yang melakukan travel secara solo dan bersama-sama serta tidak sedikit pula para backpacker ditemui di sana.

Backpacker ke Bromo
Apabila memilih wisata Bromo dengan cara backpacker maka persiapan yang dilakukan kurang lebih sama seperti dengan berkunjung ke daerah-daerah lain. Barang-barang yang wajib dibawa selain perlengkapan pribadi adalah jaket atau sweater mengingat suhu yang dingin di Gunung Bromo. Baju-baju tebal juga disarankan untuk dibawa agar selama di sana tidak kedinginan. Mencari info lengkap tentang kondisi Gunung Bromo sebelum melakukan perjalanan juga harus dilakukan agar para wisatawan dapat mengetahui tempat  seperti apa yang akan mereka datangi nantinya.

wisata bromo, tour bromo malang murah, travel gunung bromo
Perjalanan menuju Gunung Bromo memiliki banyak cara dan karena ingin berwisata dengan backpacker maka tidak menggunakan paket wisata Bromo. Bagi mereka yang berada di luar Jawa Timur dapat menempuh perjalanan melalui udara dan mendarat di Bandara Abdul Rachman Saleh, Malang. Dari sana, pengunjung dapat menyewa kendaraan dengan rute melalui Probolinggo. Perjalanan yang ditempuh dari Bandara tersebut menuju spot terdekat untuk penanjakkan, Cemoro Lawang ditempuh kurang lebih selama empat jam. Apabila menggunakan kereta api, jika telah sampai di stasiun Malang maka beberapa cara dapat dilakukan untuk mencapai Cemoro Lawang. Salah satunya adalah dengan menggunakan angkutan umum. Meski agak sedikit ribet namun biayanya tidak semahal seperti menyewa kendaraan dan cara ini sangat disarankan bagi mereka yang berwisata sendirian.

Rute angkutan umum yang ditempuh akan dimulai dari stasiun Malang menuju Terminal Arjosari Malang. Dari sana, pengunjung akan menggunakan bus untuk menuju ke Terminal Bayu Angga Probolinggo. Dari terminal tersebut, mobil berjenis mini bus akan siap mengantarkan pengunjung menuju Cemoro Lawang. Selama perjalanan menuju Cemoro Lawang, pengunjung akan disuguhi pemandangan yang sangat indah sehingga membuat perjalanan jauh tersebut tidak terasa lama. Jika telah sampai di Cemoro Lawang, pengunjung dapat memilih beberapa cara untuk menuju ke Gunung Bromo. Salah satunya adalah dengan berjalan kaki, cara lainnya dapat ditempuh dengan menyewa mobil Jeep atau sepeda motor bagi mereka yang terbiasa dengan rute pendakian dan jalan yang berpasir. Perjalanan travel Bromo selain dapat dijangkau via Probolinggo juga dapat ditempuh langsung dari kota Malang. Biasanya dari sana, pengunjung dapat menyewa mobil Jeep yang akan mengantarkan langsung ke Gunung Bromo namun harga sewa Jeep tersebut akan lebih mahal.

Berada di Gunung Suci
Keberadaan Gunung Bromo bukan saja sebagai obyek wisata tetapi bagi Suku Tengger, gunung tersebut merupakan gunung suci. Upacara Kasodo dilakukan setahun sekali oleh Suku Tengger yang memulai upacara tersebut dari kaki gunung menuju puncak Gunung Bromo. Keistimewaan ini juga menambah daya tarik Gunung Bromo sehingga beberapa wisatawan pun ada yang sengaja datang ke sana saat Upacara Kasodo sedang dilaksanakan. Jika telah sampai di wisata Bromo Malang tersebut maka mencari penginapan adalah hal yang pertama kali harus dilakukan. Penginapan di sekitar obyek wisata tersebut sangat banyak dan dapat ditempati meski belum melakukan booking sebelumnya tetapi sebaiknya jika sedang musim liburan, pengunjung disarankan melakukan booking terlebih dahulu mengingat banyaknya pengunjung yang akan berlibur ke sana. Bromo tour juga dapat dilakukan sendiri tanpa harus menyewa pemandu wisata dan hal ini sangat membantu bagi mereka yang berwisata khususnya para backpacker. Pemandangan alam yang indah di sana akan membuat liburan Bromo para pengunjung akan sangat memuaskan.