// //

Liburan Ke Gunung Bromo Jawa Timur

Sebagai obyek wisata yang menghadirkan pemandangan alam yang spektakuler, Gunung Bromo akan selalu ramai dikunjungi khususnya di masa-masa liburan sekolah. Wisata Gunung Bromo akan dipenuhi oleh banyak wisatawan khususnya anak-anak sekolah beserta keluarga yang mengisi hari libur mereka. Paket wisata Bromo pun akan semakin gencar ditawarkan oleh para agen perjalanan di masa-masa liburan tersebut.

Sekilas Tentang Gunung Bromo
Wisata Gunung Bromo yang terkenal ini berada di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Gunung berapi yang masih aktif tersebut mempunyai ciri khas tersendiri yaitu pesona lautan pasirnya yang sangat luas mencapai ribuan hektar. Gunung Bromo ini memiliki ketinggian 2392 m di atas permukaan laut. Pengunjung dapat melakukan pendakian serta naik kuda selama berada di wisata Bromo tersebut. Beberapa tangga juga telah disiapkan di sana untuk mempermudahkan pengunjung dalam mendaki Gunung Bromo. Pengalaman yang terindah yang sering kali menjadi tujuan para wisatawan ke sana adalah untuk menikmati keindahan pemandangan ketika matahari terbit. Pemandangan tersebut akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan selama berwisata di Gunung Bromo. Beberapa pengunjung pun merasa semakin kagum akan kuasa Sang Pencipta ketika melihat fenomena terbit dan tenggelamnya matahari selama berada di Gunung Bromo.

Gunung yang dapat dimasuki melalui Malang serta Probolinggo ini dinamakan berdasarkan salah satu dewa kepercayaan umat Hindu yaitu Brahma. Nama gunung yang akhirnya dikenal dengan Bromo ini mempunyai pemandangan alam yang luar biasa indah yang selalu menjadi daya tarik utama wisatawan untuk selalu berkunjung. Liburan Bromo akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan bagi wisatawan selama berada di sana. Mereka tidak akan berhenti berdecak kagum selama menikmati keindahan alam di Gunung Bromo. Beberapa pengunjung bahkan menjadi pengunjung rutin Gunung Bromo karena keindahan alam yang tidak akan pernah terlupakan. Pemandangan matahari terbit menjadi alasan utama pengunjung tersebut rutin ke sana karena mereka selalu mengabadikan moment tersebut setiap kali mereka datang ke Bromo. Pesona Gunung Semeru pun dapat terlihat ketika pengunjung melihat matahari terbit dari penanjakkan Gunung Bromo. Hawa yang dingin selama menunggu terbitnya matahari akan terasa hangat ketika matahari menampakkan wujudnya dan bergerak semakin tinggi di langit. Dari suasana yang gelap menjadi semakin terang ketika cahaya matahari menyentuh daratan.

Pesona luasnya lautan pasir juga menjadi pesona yang tak ingin dilewatkan oleh para pengunjung. Beberapa pengunjung juga sering menikmati turunnya matahari ketika beranjak senja dan biasanya mereka inilah yang mendirikan tenda untuk tinggal di area Gunung Bromo. Suku Tengger merupakan masyarakat yang tinggal di Gunung Bromo dan menganggap gunung tersebut adalah gunung suci. Upacara Kasodo selalu diselenggarakan oleh Suku Tengger setiap tahunnya dalam rangka memberikan persembahan berupa sayuran, uang, dan daging yang mereka arak dari lereng gunung menuju puncak dan berakhir ketika persembahan tersebut dilemparkan ke kawah gunung.

Transportasi Menuju Gunung Bromo
Banyak agen perjalanan menawarkan paket Bromo tour yang bertujuan untuk mempermudah mereka yang ingin berkunjung ke Gunung Bromo khususnya bagi mereka yang pertama kali. Anak-anak sekolah sering kali menggunakan jasa ini dalam rangka perjalanan bersama dengan teman dan guru mereka yang diadakan oleh pihak sekolah. Bagi mereka yang ingin melakukan perjalanan secara mandiri juga tidak akan mengalami kesulitan. Beberapa rute pesawat juga banyak yang menawarkan perjalanan secara langsung menuju Bandara Abdul Rachman Saleh, Malang. Jika dari daerah asal tidak dapat ditemukan perjalanan langsung ke Malang maka rute menuju Bandara Juanda, Sidoarjo dapat dijadikan alternatif. Dari Bandara Juanda, rute yang dapat ditempuh oleh pengunjung adalah menuju Pasuruan lalu Wonokitri hingga berakhir di Gunung Bromo. Travel Bromo tidaklah sulit karena banyak cara dapat dilakukan untuk mencapainya. Selain transportasi umum seperti bus, menyewa kendaraan pribadi dapat dijadikan pilihan untuk mempermudah. Selama di wisata Bromo Malang, mobil Jeep akan sangat disarankan untuk digunakan oleh pengunjung agar lebih mudah dalam menjelajahi wilayah tersebut dan akan sangat terjangkau apabila disewa secara berkelompok.