// //

5 Fakta Menarik Tentang Objek Wisata Bromo

Siapa yang tidak tahu dan mengenal objek wisata Bromo, karena hampir setiap orang yang senang menjelajah atau melakukan travelling tahu dan kenal dengan objek wisata yang satu ini. Gunung Bromo merupakan salah satu dari sekian banyak objek wisata di Jawa Timur yang wajib dikunjungi. Selain karena memiliki keindahan alam yang menakjubkan, Gunung Bromo pun menyimpan banyak fakta menarik yang perlu diketahui oleh Anda juga para traveler lainnya yang menyenangi nuansa alam, budaya, sejarah, dan legenda bersatu secara bersamaan.

Wisata Bromo dan 5 Fakta Menarik Tentangnya
Dari sekian banyak objek wisata yang ada di Indonesia, maka wisata Bromo menjadi objek wisata yang populer serta banyak dikunjungi oleh wisatawan setiap tahunnya. Bukan hanya wisatawan lokal yang tertarik dengan objek wisata Gunung Bromo ini, tetapi juga wisatawan asing yang datang dari manca Negara yang ingin menyaksikan berbagai keindahan alam dan budaya yang ada di sekitar Gunung Bromo. Namun sudah kah Anda mengetahui 5 fakta menarik tentang Gunung Bromo?
1. Sejarahnya Unik dan Menarik
Gunung Bromo terbentuk dari dua gunung yang saling berhimpitan satu dengan yang lain. Gunung Tengger merupakan gunung yang paling besar dan meletus sehingga materi vulkaniknya terlempar ke arah tenggara yang membentuk sebuah lembah yang besar. Letusan tersebut menimbulkan sebuah kaldera yang besar yang di dalam kaldera tersebut terjadi penumpukan materi vulkanik yang menyebabkan terbentuknya lautan pasir, Gunung Widodaren, Gunung Watangan, Gunung Kursi, Gunung Batok dan Gunung Bromo yang kini menjadi objek wisata yang fenomenal.
2. Bromo Punya Legenda Masyarakat
Menurut legenda yang beredar di masyarakat, wisata Bromo ditengarai dimulai dari asal usus adanya Suku Tengger. Pada masa Raja Brawijata, ada seorang anak perempuan bernama Rara Anteng yang menikah dengan Joko Seger, ketika terjadi kekacauan masyarakat yang setiap pada Hindu pindah ke Bali sedangkan sisanya bersama dengan pasangan tersebut pindah ke Tengger di kaki Gunung Bromo.
3. Gunung Bromo Berada di Komplek Pegununungan
Gunung Bromo berada di komplek pegunungan Tengger yang memiliki hamparan pasir yang luas dengan gunung gunung lain di sekitarnya seperti Gunung Batok, Widodaren, Watangan, Kusi, dan Semeru.
4. Upacara Kasado
Para wisatawan akan lebih banyak datang ke Gunung Bromo pada Bulan Desember atau Januari dimana pada objek wisata Bromo tersebut diadakan upacara Kasado yang dilaksanakan sebagai upacara tanda syukur atas hasil lading dan ternak masyarakat sekitar Gunung Bromo. Selain upacara Kasado ada juga upacara lainnya seperti Upacara Karo dan Upacara Ayak Ayak
5. Matahari Terbit yang Menakjubkan
Yang menakjubkan dari Gunung Bromo adalah Anda bisa menikmati keindahan matahari terbit yang memukai dan dikenal sebagai golden sunrise. Keindahan tersebut bisa dengan mudah inikmati pada sebuah tanjakan yang disebut sebagai Puncak Pananjakan.

Itulah beberapa fakta menarik yang dimiliki oleh wisata Bromo yang harus Anda ketahui terlebih dahulu sebelum akhirnya Anda memutuskan untuk mengunjungi Gunung Bromo sebagai destinasi liburan yang penuh dengan sejuta pesona. Ada baiknya untuk datang ke Gunung Bromo ketika diadakan banyak event menarik sehingga Anda bisa mengabadikan momen istimewa yang jarang sekali terjadi. Anda bisa mengajak orang orang yang Anda sayangi untuk ikut serta menikmati keindahan alam, budaya, sejarah dan legenda yang menari dari Gunung Bromo sehingga travelling menjadi semakin menyenangkan dan memberikan kesan yang dalam.