// //

Rute Menuju Wisata Kawah Ijen Banyuwangi

kawah ijen tour Banyuwangi, rute ke gunung ijenWisata Kawah Ijen lebih dikenal dengan sebutan Gunung Ijen Banyuwangi, padahal wisata kawah ijen terletak di Bondowoso perbatasan dengan Banyuwangi. Gunung Ijen mempunyai ketinggian 2.443 m, merupakan daftar gunung yang masih aktif di Indonesia. Rute dapat kita ambil dari Surabaya menggunakan jalur pantura membutuhkan waktu sekitar 7 jam perjalanan. Akses Menuju wisata kawah ijen, sebenarnya mudah sekali. Tujuan utama adalah Bondowoso, dari sana akan ada rambu rambu menuju ke gunung Ijen. Tour ke kawah ijen mirip dengan wisata ke gunung bromo salah satu objek wisata berbasis pegunungan juga, letaknya berada Kabupaten Probolinggo Jawa Timur.

Wisata ke Kawah Ijen membutuhkan perjalanan yang melelahkan, belum lagi jalur pendakian menuju ke kawah gunung ijen. Sampai di paltuding tempat parkir mobil / motor, kita masih berjalan kaki ke kawah sepanjang 3km.Tanjakan menuju ke kawah ijen hanya bisa di lalui pejalan kaki, kendaraan masih belum melintas menuju kawah. Melelahkan itu sudah pasti, sambil beristirahat penambang dari penduduk sekitar biasanya menawarkan cidera mata dari ukiran belerang yang dihasilkan oleh penambang kemudian di bentuk sedemikian rupa menjadi nilai harga yang ekonomis.

Wisatawan jika mendaki ke kawah ijen dilakukan pada pagi hari sebelum waktu shubuh. Ada 2 waktu yang biasanya dilakukan oleh wisatawan yang pertama pukul 02.00 pagi, kedua jam 04.00 pagi. Perbedaan pendakian ke gunung kawah ijen di sebabkan kawah ijen mempunyai api  berwarna biru (blue fire kawah ijen). Api berwarna biru di kawah ijen bisa disaksikan di malam hari sebelum munculnya matahari terbit dari ufuk timur. Pendakian yang dilakukan pada pukul 04.00 pagi, wisatawan hanya bisa melihat danau sungai berwarna hijau dan asap belerang yang keluar dari kawah.

Tips mendaki ke gunung kawah ijen sebenarnya membutuhkan tenaga exstra, apabila sedikit tidak enak badan jangan di paksakan untuk melakukan pendakian. Tekstur tanah berpasir membuat langkah kita terasa berat, apalagi sepanjang jalur ke kawah ijen tidak ada jalan datar. Setelah akan sampai di danau kawah yang bersifat asam ini, 100 meter sebelum melihat keindahan kawah gunung ijen baru kita akan menemukan jalan datar.