// //

Wisata Gunung Bromo Memberikan Potensi Ekonomi Bagi Suku Tengger

wisata bromo, paket wisata bromo
Wisata Gunung Bromo merupakan suatu pemadangan alam yang memang memberi  keberkahan bagi para penduduk suku tengger sekitar. Secara umum wisata gunung bromo juga  memberikan daya tarik yang luar biasa kepada masyarakat dari luar suku tengger. Wisata gunung bromo selain menjadi tujuan wisata oleh banyak orang, ternyata kawasan ini memiliki sumber daya alam yang bisa memenuhi kebutuhan  hidup sehari-hari. Sumber daya alam yang dapat memberi kecukupan untuk kelangsungan  hidup bagi para penduduk sekitar adalah tanah yang subur dan keindahan alam yang dapat menarik para wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berkunjung di kawasan wisata bromo. Sehingga dapat memberi peluang emas untuk mendapatkan pundi pundi rizeki rupiah dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka.

Wisata Gunung Bromo


Sebagian besar masyarakat kawasan wisata gunung bromo bekerja sebagai petani sayuran, karena termasuk wilayah agraris yang menghasilkan kebutuhan pokok berupa sayuran yang biasanya kita mengkonsumsi sehari-hari seperti kentang, wortel, boncis, bawang panjang dan lain sebagainya. Di kawasan wisata gunung bromo memiliki tanah yang sangat subur dan di dukung oleh suhu bisa mencapai  20 derajat celcius pada siang hari. Sehingga para petani di kawasan wisata gunung bromo mayoritas bercocok tanam sayuran dengan hasil yang cukup mempuni. Dan bisa memenuhi kebutuhan orang sekitar maupun di luar kota bahkan di luar pulau Jawa.

bromo tour, paket wisata bromo
Wisata gunung bromo tidak lepas dari keramaian oleh wisatawan, untuk memanfaatkan momen tersebut penduduk sekitar setiap hari selain meladang juga berjualan di daerah yang berpotensi ramai. Mereka menggunakan kesempatan tersebut sebagai rutinitas setiap hari, kadang bisa sampai malam hari di kala wisatawan berburu sunrise. Semua yang mereka lakukan itu menutut saya pribadi  memberikan segi positif kepada pendatang khususnya wisatawan. Mengingat suhu udara di malam hari di gunung bromo sangat dingin, jaket tebal dibutuhkan sebagai pelindung dinginnya udara di wisata gunung bromo.

Penduduk di lereng gunung bromo sejak dulu hingga sekarang jarang yang bekerja ke luar kota, mereka memanfaatkan objek wisata bromo sebagai wadah perputaran ekonomi. Melihat jalan tanjakan menuju ke penanjakan, solusi mereka transportasi Jeep di jadikan alat transportasi khusus mengangkut wisatawan ke gunung penanjakan. Jasa sewa jeep di bromo mereka bandrol haga sekitar 600 - 750 rib, tergantung jumlah spot di 4 lokasi wisata gunung bromo. Belum lagi arah ke kawah bromo ini bisa kita tunggangi dengan kuda, yang tarifnya hanya 100 ribu rupiah.

Itulah beberapa potensi ekonomi masyarakat suku tengger di objek wisata gunung bromo, menjadi pelajaran penting bagi kita semua. Dimana di wilayah kita jika terdapat objek wisata, dapat kita manfaatkan seperti apa yang sudah ada di wisata gunung bromo Jawa Timur. Ini menjadi pelajaran penting untuk kesejahteraan di masa yang akan datang.