// //

Gunung Kelud Menjadi Daftar Gunung Berapi di Jawa Timur

Gunung Kelud adalah daftar gunung yang mempunyai urutan gunung berapi di Jawa Timur yang memuntahkan larva dari perutnya. Terakhir terjadi pada bulan februari tahun 2014 kemarin, gunung kelud membuat masyarakat Kediri dan Blitar di hujani abu fulkanik. Masyarakat dari dua Kabupaten tersebut menjadi mengungsi ke tempat yang lebih aman, dari jarak yang telah di tentukan oleh badan penanggulangan bencana daerah setempat. Menurut sejarah gunung kelud mempunyai rekor terbanyak meletus, letusan pertama terjadi pada tahun 1919.

letusan gunung kelud, sejarah gunung keludRekor terbanyak ini gunung kelud mengalahkan tetangganya gunung bromo berada di sebelah timur di Kabupaten Probolinggo. Rival dari gunung kelud sebenarnya di miliki oleh 4 Kabupaten dan di kelola oleh taman nasional bromo tengger semeru. Kalau kita melihat dari segi objek wisata lebih unggul wisata bromo ketimbang gunung kelud. Kepopuleran gunung bromo merambah ke kancah nasioanal, ibarat pemain sepak bola dari Amerika Latin yang terkenal.

Letusan gunung kelud terjadi sangat dahsyat sekali, sebagian kota di Jawa Timur merasakan hujan debu bahkan sampai ke kota di Jawa Tengah. Naik turun status saat ini masih di pantau ketat oleh pemerintah yang berwenang yaitu Pusat Vulkanologi, Mitigasi, dan Bencana Geologi (PVMBG). Antisipasi demikian penduduk yang berada di lokasi zona awas akan mengantisipasi jika ada imbauan dari pihak PVMBG.

Gunung kelud menjadi favorit oleh para pendaki pegunungan, sehabis erupsi kemarin pun masih saja pendaki nekat untuk menyaksikan secara langsung kawah gunung kelud. Selagi masih ada rute dan status aman dari pemerintah, gunung kelud masih bisa di terjang dilalui bagi pendaki. Dari urutan gunung aktif di Jawa Timur ke empat ini menurut saya masuk dalam daftar gunung berbahaya. Faktanya sudah banyak korban meninggal dari erupsi yang terjadi pertama kali pada tahun 1919.

Kita urutkan dari sebelah timur ada gunung raung, gunung semeru, gunung bromo dan terakhir gunung kelud. Jawa Timur menjadi provinsi paling banyak di tempati gunung aktif, tetapi dibalik semua itu ada keberkahan sendiri. Destinasi wisata di Jawa Timur di dominasi oleh keindahan alam dan kita harus patut berbangga diri sebagai masyarakat asli Jawa Timur karena masih ada tempat objek wisata alami.