// //

Gunung Bromo - Wisata ke Bromo dot com

Gunung Bromo identik oleh kawah aktif berbau belerang lebarnya berdiameter lebih kurang berukuran ± 960 meter x ± 600 meter, lingkaran bahayanya 4km dari pusat titik kawah. Gunung bromo memiliki ketinggian 2360 km dari permukaan laut, dilihat dari jarak kejauhan hampir menyerupai piramida bangunan kuno di Mesir. Gunung bromo di kelilingi oleh hamparan lautan pasir seluas 10 km persegi, uniknya fisik gunung bromo dari jarak dekat seperti lembah ngarai oleh kaldera yang bergelombang melintang di 4 wilayah perbatasan Kab. Probolinggo, Pasuruan, Lumajang dan Malang Jawa Timur. Ke empat wilayah tersebut memiliki hubungan suku budaya, agama dan taman nasional yang bernama taman nasional bromo tengger semeru (TNBTS).

Wisata BromoGunung bromo salah satu gunung dipercaya sebagai gunung suci oleh umat Hindu masyarakat suku tengger. Dalam satu tahun sekali umat hindu suku tengger melakukan sebuah ritual yang sangat berhubungan dengan kepercayaan mereka, dimana pada jaman dahulu kala ada sebuah kisah tentang sepasang suami istri yang direlakan untuk membuang anaknya sebagai pengorbanan demi mendapatkan keturunan lebih banyak. Ritual tersebut dilakukan oleh nenek moyang suku tengger yaitu Joko Seger dan Roro Anteng, hingga saat masih di dijalani turun temurun sampai saat ini. Acara ritual suci ini dilakukan sesuai kalender Jawa umat Hindu pada tanggal 14 - 15 di bulan kasada.

Upacara kasada merupakan upacara tahunan yang wajib di lakukan oleh umat hindu tengger sebagai kebaktian terhadap leluhur.  Mereka membuang sesajen yang di hasilkan sebagian dari hasil bumi  ke dalam kawah gunung bromo. Dan mereka berkumpul bersama untuk melakukan ritual khusus yang di pimpin oleh ketua suku/dukun di pure agung yang berdiri di lereng kaki gunung bromo. Masyarakat yang datang dalam upacara sakral tersebut bukan hanya dari suku tengger saja, pemeluk agama Hinde dari Bali juga mengikuti nyadnya kasada di bromo.

Gunung bromo selain di kenal dengan gunung kawah aktif, keindahan yang di pancarkan olehnya sangat memukau di mata dunia paeiwisata. Salah satu keindahan yang kerap menjadi buruan public adalah keindahan sunrise yang dapat di lihat dari puncak  ketinggian 2700 mdpl yaitu gunung penanjakan 1. Dari puncak tersebut selain kita bisa menikmati keindahan munculnya matahari, kita juga dapat menikmati panorama yang berada di sekitar gunung penanjakan seperti gunung batok, kawah gunung bromo, kaldera bromo, gunung semeru dan perbukitan di sekitar.

Wisata Gunung BromoObjek wisata bromo memiliki keunikan bisa di bilang jarang kita temui di gunung pada umumnya, di mana gunung bromo memiliki kaldera yang di juluki dengan lautan pasir. Lautan pasir tersebut menurut geologi dan geofisika berasal dari semburan kawah setiap letusan  gunung bromo. Namun, menurut legen story tumpukan pasir yang berada di sekeliling gunung bromo berasal dari kisah persaingan antara Joko Seger dan Patih Hayam Wuruk untuk menjadi pendamping hidup dari Putri Roro anteng. Sebenarnya, antara Joko Seger dan Roro Anteng telah menjalin hubungan kasih sayang, akan tetapi Patih Hayam Wuruk ingin merebut Roro Anteng dari tangan Joko Seger.

Putri Roro anteng memberi ujian untuk di buatkan lautan  di gunung bromo yang harus selesai semalam atau sebelum ayam berkokok di pagi hari. Sehingga Patih hayam wuruk memrintahkan prajuritnya menyuruh mengambil pasir di lautan utara dengan menggunakan cangkang kelapa atau batok. Singkat cerita alhasil usaha yang dilakukan patih Hayam Wuruk tidak berhasil dari syarat yang di berikan oleh Roro Anteng. Kemudian emosi Hayam Wuruk menendang tempurung kelapa tersebut berbalik menjadi gunung Batok.

Demikianlah artikel tentang gunung bromo, ada budaya dan keanekaragaman kepercayaan erat di balik pemandangan  alamnya. Ini adalah bukti nyata yang bisa jadikan kita pedoman dalam melestarikan budaya sejarah lelulur warisan nenek moyang kita. Menjaga lebih baik dan mempertahankan semua yang telah di berikan oleh sang maha pencipta.