// //

Rest Area Tongas, Pusat Oleh-Oleh Khas Probolinggo

Pusat Oleh Oleh Khas Probolinggo
Rest Area Tongas adalah sentral oleh-oleh khas Kabupaten Probolinggo, terletak di Jln. Raya Tongas rute menuju ke objek wisata bromo. Di Rest Area Tongas rencananya akan di kembangkankan khususnya dalam bidang pariwisata, karena cocok jika di jadikan sebagai tempat transit wisatawan khususnya dengan tujuan ke gunung bromo. Di dalam ada beberapa tempat makanan khas dan pusat oleh-oleh Probolinggo, seperti warung Pak. H. Soleh dan Warung Bebek goreng Bu Lely yang bertempat di rest area Tongas Probolinggo.

Pemerintah Kabupaten Probolinggo lewat dinas Kebudayaan dan Pariwisata akan terus menfasilitasi keberadaan Rest area Tongas sebagai sentral tempat oleh-oleh dan makanan khas. Tujuan dari pada itu produk unggulan Kabupaten Probolinggo akan semakin terkenal sehingga bisa meningkatkan pendapatan di bidang ekonomi khususnya masyarakat disekitar. Di dalam ada jejeran stand toko beberapa sebagian yang sudah beroperasi menjual makanan dan produk oleh-leh khas Probolinggo.

Makanan Khas Probolinggo
Karena merupakan rute menuju ke wisata bromo, rest area Tongas sangatlah strategis di jadikan tempat transit wisatawan local dan asing karena area parkir sangat luas. Selain tujuan ke bromo, dari Surabaya dan Jogja menuju ke wisata Bali bisa melalui rute rest area tongas, begitu juga sebaliknya. Saat ini masih dalam proses perbaikan, mengingat grafik kunjungan pariwisata dari tahun ke tahun selalu meningkat. Yang terpenting tidak mengurangi kenyamanan serta keamanan para wisatawan khususnya ke gunung bromo.

Hal tersebut disambut baik oleh masyarakat Kecamatan Tongas, otomatis mereka bisa menunjukkan hasil produk olahan mereka dan kemudian di pasarkan di stand yang telah tersedia di dalam rest area. Tidak sedikit saat ini mulai bermunculan hasil karya maupun kerajinan yang di hasilkan oleh para pelaku usaha ekonomi ktreatif. Semoga ini menjadi rencana yang berksinambungan untuk menambah nilai ekonomi masyarakat khususnya pelaku usaha kecil menengah.