// //

Souvenir Khas Bromo Tengger Semeru

Souvenir Khas Bromo Tengger Semeru - Wisata gunung bromo berindentik dengan wisata alam yang sangat memukau bagi semua pengunjungnya. Yang menyebabkan hingga saat ini para pelancong di gunung bromo masih belum pernah mengalami kesurutan meski di waktu banyak orang yang penuh dengan kesibukan masing – masing. Dikarenakan  referensi pengununjung wisata di gunung bromo tidak hanya di penuhi oleh wisatawan domestik saja, namun juga banyak pengunjung asing berbagai belahan dunia. Oleh sebab itu, Para penjual souvenir di kawasan wisata bromo beramai - ramai mempromosikan berbagai  barang khas bromo sebagai kenang - kenangan yang bisa mengingat di masa berwisata ke bromo.

Salah satunya sovenir khas gunung bromo yang masih di populerkan oleh wisatawan adalah kaos bromo, bunga edelways, cidera mata, batu akik, dan berbagai macam souvenir lainnya. Untuk mendapatkan salah satu souvenir tersebut kita bisa mendapatkan dari art shop di sekitar gunung bromo dan juga dari berbagai pedagang asongan yang menawarkan yang biasanya mangkal di lautan pasir gunung bromo dan area hotel sekitar gunung bromo. Terdapat juga galeri di sebagian hotel di bromo, yang mempromosikan barang antik kepada wisatawan yang bermalam di tempat hotel dimana terdapat galeri khusus barang antik.

Penawaran harga yang menjadi patokan oleh semua pebisnis souvenir bromo berkisar sampai 10 ribu hingga 50 ribu rupiah tergantung dari kualiatas dan keunikan  barang yang di tawarkan. Namun yang paling sering di buru oleh banyak orang saat ini adalah batu akik yang marak di jadikan topik pembicaraan di berbagai media dan di tengah - tengah masyarakat umum. Berhubugan dengan itu para pebisnis di gunung bromo khususnya penjual souvenir juga menguatkan untuk memasarkan cidera mata yang di jadikan keunggulan di Indonsia. Dengan harga pasar yang mencapai hingga ratusan juta bahkan milyaran rupiah, namun  nilai  harga tersebut tidak menjadi permasalahan bagi setiap peminat.

Objek wisata bromo memang masih belum terkenal dengan cidera mata bernilai tinggi seperti yang bermunculan di media saat ini. Tetapi sejak dulu memang sudah terdapat galeri di salah satu hotel di lereng bromo, yaitu hotel Yochis. Beberapa barang kuno memang sengaja di pajang di dalam ruangan khusus, sekedar bentuk hobi maupun koleksi. Itulah beberapa souvenir khas bromo, yang menarik dan patut di perbincangkan. Bukan hanya keindahannya saja yang banyak di ketahui oleh masyarakat luas, souvenir yang tidak bernilai bisa kita promosikan sehingga mempunyai harga dan nilai yang ekonomis.