// //

Pesona Gunung Batok di Objek Wisata Bromo

Bila Anda sedang Liburan ke Bromo, pasti pernah mendengar atau melihat Gunung Batok yang letaknya berada di lautan pasir Bromo. Keberadaannya tidak sepopuler dibandingkan beberapa wisata gunung di Indonesia lainnya. Berbeda dengan Gunung Bromo yang merupakan icon wisata Internasional meski dalam keberadaan masih aktif oleh kawah dan bau belerang yang masih tercium sangat tajam. Namun Gunung Batok sendiri sudah tidak aktif lagi, meskipun bentuk dan tingginya lebih tinggi dari Gunung Bromo.

Gunung Batok sendiri mempunyai asal usul atau sejarah yang sama dengan Gunung Bromo, Legendanya Gunung Batok sendiri berasal dari tempurung kelapa. Pada saat itu konon tempurung tersebut di lempar oleh seorang Raja yang menyukai Rara Anteng dari atas kawah bromo, karena gagal memenuhi syarat untuk mendapatkan Rara Anteng menjadikan istrinya. Kemudian dilemparlah tempurung batok itu dan jatuh dalam posisi tengkurap dan lama kelamaan membesar sehingga menjadi Gunung.

Saat ini pesona Gunung Batok menjadi primadona wisatawan, karena mempunyai bentuk sangat indah berdampingan dengan Gunung Bromo. View dari penanjakan 1 unggulan kedua Gunung tersebut memiliki pemandangan berbeda antara satu dengan lainnya. Gunung Bromo sendiri mengeluarkan asap yang kadang kala asap tersebut berbentuk seperti hewan, kalau Gunung Batok tetap berbentuk tempurung menjulang tinggi berwarna hijau.

Di objek wisata gunung bromo terdiri dari 4 lokasi wisata unggulan, gunung batok tidak biasa di kunjungi oleh pelancong tetapi dapat di lihat dari semua sudut dari 4 lokasi unggulan wisata di bromo. Memang di kawasan wisata bromo ini penuh dengan misteri dan budayanya masih kental, masyarakat masih memegang teguh warisan dari nenek moyang mereka. Budaya mereka didukung oleh keberadaan Wisata Bromo, sehingga wisatawan tidak enggan untuk berwisata sambil mempelajari tentang kehidupan dan budaya masyarakat yang tinggal di lereng Gunung Bromo.