// //

Desiran Bunyi Pasir Berbisik di Gunung Bromo

Wisata Bromo
Pasir Berbisik inilah sebutan bagi masyarakat suku tengger bromo Kabupaten Probolinggo. Awalnya dulu adalah sebuah pasir indah yang bergelombang, terletak di sebelah timur pure luhur poten. Sebelum ada nama Pasir Berbisik tempat tersebut sudah di ketahui memang keberadaannya. Tetapi setelah dijadikan tempat shooting film yang di sutradarai oleh Garin Nugroho, tempat ini mulai dikenal di seluruh kalangan masyarakat. Mungkin karena aktris cantik yang bernama Dian Sastrowardoyo sebagai pemeran utama pada film tersebut menjadi nama pasir berbisik kian dikenal. Kronologis dari sebutan pasir berbisik karena di saat adanya angin membawa arus besar yang mengakibatkan butiran pasir ini terbawa arus angin sehingga terjadinya sebuah gesekan dan benghasilkan suara desiran. Memang pasir berbisik ini bagian dari lautan pasir gunung bromo

Namun Pasir Berbisik yang terdapat di daerah ini memiliki kandungan pasir besi dan ukurannya lebih besar di bandingkan pasir-pasir lainnya. selain itu, hamparan pasir yang terdapat di bagian pasir berbisik ini memiliki hamparan yang berbentuk gelombang air seperti air tenang yang terbawa arus angin. Bagi anda yang ingin membuktikan secara nyata dengan adanya suara desiran pada pasir ini, anda bisa berwisata bromo di bulan juli - agustus, pada saat itulah sering terjadi angin kencang yang dapat membawa butiran pasir sampai menghasilkan bunyi. Namun pada saat itu, anda di haruskan menyediakan kacamata dan selembar masker guna melindungi jalan pernafasan dan mata anda. Dengan antisipasi perlengkapan seperti itu, demi kenyamanan dan kepuasan dalam menjalani wisata bromo Anda.

Apalagi bagi pelancong yang baru pertama kali berkunjung ke gunung bromo sangat memungkinkan anda akan sedikit kesulitan untuk menemukan lokasi dari pada pasir berbisik. Di sebabkan tempat ini berada di lautan pasir bromo yang luas bebas dengan suatu tanda yang memastikan ke beradaanya. Tetapi anda jangan khawatir atas semua itu, karena selama berwisata di gunung bromo anda dapat menggunakan layanan seorang guide/pemandu wisata selain itu anda bisa berkomunikasi langsung terhadap sopir hardtop yang menjadi jasa antar wisata anda.