// //

Harga Tiket Masuk Wisata Gunung Bromo Terbaru

Harga Tiket Masuk Wisata Gunung Bromo Terbaru, silih berganti dari tahun ketahun. Terakhir terjadi pada bulan mei 2014, dari situ wisatawan mulai enggan berkunjung ke objek wisata bromo yang terdapat di Jawa Timur tersebut. Setelah pemerintah dinas pariwisata daerah Jawa Timur mengesahkan  kenaikan harga tiket masuk di bromo, sebelumnya menuai pro dan kontra antara pelaku agen travel bromo dengan dinas terkait. Keduanya sama sama ingin mendapatkan keuntungan, tetapi disisi lain adalah untuk kepentingan bersama menjaga ekosistem yang terancam rusak.

Tarif tiket masuk wisata bromo untuk wisatawan domestik sebelumnya dalam kisaran Rp 10.000 naik menjadi Rp 27.500 pada hari biasa. Sementara pada hari weekend dan di hari libur menjadi Rp 32.500. Tarif tersebut berlaku pada wisatawan dalam negeri, berbeda dengan turis mancanegara yang naik drastis mencapai 300%. Dari Rp75.000 naik menjadi Rp275.000 di hari biasa, namun pada hari weekend tarifnya mencapai Rp350.000.

Meskipun harga tiket masuk bromo naik, lambat laun wisatawan akhirnya tidak menghiraukan masalah tarif. Mereka yang langsung datang ke kawasan wisata bromo memberikan apresiasi terhadap keamanan dan sarana prasarana yang cukup lengkap dan baik. Bahkan tidak jarang wisatawan menggunakan paket wisata bromo demi mudahnya dalam menjangkau tempat titk lokasi di bromo walaupun harga yang ditawarkan sangat mahal.