// //

Paket Trekking Gunung Semeru - Pendakian ke Mahameru

gunung semeru
Paket Trekking Gunung Semeru, Pendakian ke Mahameru atas dasar hobi maupun sekedar  ingin menjelajahi alam bebas bagi sekelompok pecinta alam rela berjalan selama kurang lebih sekitar 12 jam hanya ingin menaklukkan puncak tertinggi di Pulau Jawa. Dengan melewati bermacam-macam tantangan yang menjadi hambatan dalam berwisata pendakian ke puncak gunung tersebut.  Di antara macam tantangan yang harus dilewati, kita di haruskan mempunyai tekad yang besar kondisi fisik extra prima untuk mencapai titik keberhasilan yang sangat di banggakan dalam menjalani sebuah pendakian. Tantangan-tantangan yang harus kita lawan yaitu dinginnya suhu, beratnya medan, dan jauhnya jangkauan yang harus kita tempuh. Semua itu mungkin tidak ada masalah bagi anak pecinta alam yang hobinya selalu mendaki menyusuri alam bebas di belantara Indonesia.

Paket Trekking Gunung Semeru - Pendakian ke Mahameru


Gunung Semeru merupakan salah satu gunung yang tertinggi di Provinsi Jawa Timur, dengan ketinggian mencapai 2.750 mdpl. Puncak Mahameru ini selalu menjadi perbincangan bagi pendaki, karena akses untuk menuju ke puncak tidaklah mudah. Pendaki membutuhkan waktu minimal sekitar 3 hari 2 malam dengan berbagai syarat pendakian yang di keluarkan oleh pihak Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Beberapa kawasan wisata yang berada dalam naungan TNBTS seperti Wisata Bromo, Ranu Pane dan Ranukumbolo akan di lewati oleh pendaki sebelum mencapai puncak Mahameru.

Dalam sebuah pendakian hal yang wajib di ketahui adalah tentang syarat dan beberapa perlengkapan yang harus di bawa seperti alat pendaki, perlengkapan camping yang memenuhi standart nasional. Dibawah ini syarat dan peralatan sebelum mendaki ke Gunung Semeru :

Syarat utama :
  • Foto copy  kartu identitas (KTP,kartu pelajar/kartu mahasiswa)
  • Surat keterangan dari dokter
  • Satu helai materai Rp 6000
  • Kebugaran fisik harus fit (tidak dalam keadaan sakit)
Perlengkapan :
  • Sepatu trekking dan kaos kaki tebal, gunanya untuk melindungi kaki dari duri serta dinginnya suhu di Gunung Semeru
  • Tas ransel dan Jaket yang berkualitas itu sudah pasti dimiliki oleh para pecinta alam
  • Tenda dan kebutuhan memasak, keduanya ini telah di sediakan dari pihak travel yang memakai jasa porter di sekitar Ranu Pane
  • Kebutuhan logistik dan obat obatan sangatlah perlu dibawa secukupnya

Rute akan di mulai dari Malang Tumpang dengan mengendarai mobil Jeep 4x4 menuju ke Ranu Pane. Perjalanan berdurasi 2 jam dari Tumpang ke Ranu Pani, sesampai di Ranu Pane persiapan cek peralatan climbing. Setelah semua lengkap beserta perijinan, trekking dimulai menuju ke Ranukumbolo kira kira 5 jam jalan kaki. Sejenak istirahat dan makan siang, setelah itu dilanjutkan kembali melewati Tanjakan Cinta untuk bermalam mendirikan tenda di daerah Kalimati. Dari sini pendakian menuju puncak Mahameru dimulai jam 01 dini hari, tidak lama lagi akan sampai di puncak tertinggi di pulau Jawa. Explorasi puncak Mahameru kemudian turun menuju ke Ranukumbolo untuk mendirikan tenda dan bermalam. Keesokan paginya sunrise Ranukumbolo menandakan akan berakhirnya pendakian, setelah itu berkemas menuju ke Ranu Pane untuk kembali ke Tumpang Malang dengan mengendarai jeep/Hardtop.