// //

Berwisata ke Gunung Bromo di Jawa Timur Ala Backpecker

wisata ke bromo, wisata gunung bromo
Berwisata ke Gunung Bromo ala Backpecker sangatlah asyik menantang kita untuk menaklukkan rute jalan berliku. Tidak perlu keluar negeri untuk melihat pemandangan indah nan eksotis, di Jawa Timur terdapat gunung kawah aktif, lokasinya sangat mudah berada di empat jalur kota diantaranya Malang, Pasuruan, Probolinggo dan Lumajang. Gunung Bromo bisa kita kunjungi dengan budget murah ala bacpecker banget, misalnya anda berasal dari luar Jawa, cukup memesan tiket pesawat rute Malang di Bandara Abdul Rachman Shaleh. Dari bandara bisa memesan taksi maupun angkot sekitar 5 ribu rupiah menuju terminal Arjosari Malang. Dari sana naik  bus jurusan terminal Probolinggo bisa anda bayar seharga 18 ribu rupiah, jaraknya sekitar 80 km. Istirahat sejenak di dalam bus, 3 jam perjalanan kurang lebih akan sampai di terminal Banyuangga Probolinggo.

Diterminal Probolinggo banyak angkot Elf yang khusus membawa wisatawan ke Gunung Bromo, penumpangnya kebanyakan dari wisatawan asing. Biasanya sopir memborong penumpang mengajak iuran bersama menuju ke bromo sebesar 250 ribu, jadi kalo temannya 10 orang harga yang kita keluarkan sebesar 25 ribu menuju ke kawasan wisata bromo atau penginapan di bromo. Kendaraan tersebut hanya tersedia pada pagi dan sore hari, di waktu malam tidak akan kita jumpai angkot, jalan satu satunya yaitu harus naik ojek.

Setelah sampai di Gunung Bromo anda bisa mencari penginapan seperti homestay/villa sekedar beristirahat merileksasikan badan kita yang capek seharian. Perjalanan masih berlanjut jika ingin melihat sunrise, anda harus menyewa jeep sekitar 650 ribu satu unitnya. Tour bromo mengendarai jeep dimulai pada jam 3 dini hari dari penginapan menuju ke Penanjakan 1. Disitulah momen terbaik untuk melihat keindahan gunung dari ketinggian sekitar 2.770 meter dpl, nampak terlihat ketiga gunung yaitu Gunung Semeru, Gunung Batok dan Gunung Bromo yang mengeluarkan asap putih dari kawahnya.

Pada waktu jam 6 pagi satu persatu wisatawan mulai bergegas turun menggunakan jeep, mereka menuju ke lautan pasir untuk mendaki ke kawah bromo. Nah, sebelum mendaki ke kawah usahakan kita menggunakan masker untuk menghindari bau belerang yang menyengat karena bisa mengganggu pernapasan kita. Ada jasa sewa kuda jika tidak ingin jalan kaki, nisa disewa degan harga 125.00 ribu rupiah. Berapa lama anda ke kawah? mungkin sekitar 2 jam anda sudah di tunggu oleh sopir jeep untuk mengunjungi Bukit Savana/Taman Teletubbies dan Pasir Berbisik.

Keempat lokasi tersebut menandakan telah berakhirnya wisata bromo, tepat jam 10 pagi kira kira akan sampai ke penginapan semula. Tidak usah bingung untuk kembali ke Bandara di Malang, cukup melewati rute yang dilewati di awal sambil bertanya kepada masyarakat sekitar. Semoga artikel wisata ke bromo ala backpecker ini sedikit membantu.
Selamat Liburan......:)