// //

Air Terjun Madakaripura Probolinggo Jawa Timur

madakaripura, objek wisata madakaripura
Terletak di Kabupaten Probolinggo tepatnya di Desa Sapeh Kecamatan Lumbang. Jarak antara air terjun madakaripura dengan wisata gunung bromo sekitar 20 kilometer di sebelah utara gunung bromo, mempunyai keindahan dan daya tarik yang luar biasa dengan mempunyai bentuk fisik seperti ceruk di kelilingi bukit-bukit yang menetes butiran air pada sisi tebing seperti layaknya sendang hujan. Di dalam lokasi terdapat 3 titik air terjun dari kedua titik bersumber dari sisi tebing dan yang terakhir berasal dari puncak sungai puncak sapeh. Ketinggian Air Terjun Madakaripura mencapai 200 m dari dasar tanah.

Kenapa dinamakan Madakaripura?, Singkat cerita dahulu kala pada masa kejayaan kerajaan Majapahit yang saat itu dipimpin oleh Raja yang bernama Hayam Wuruk yang terkenal dengan gagah dan perkasa. Dibalik kejayaan Majapahit pada masa itu ada seorang mahapatih bernama Gajah Mada yang terkenal dengan sumpahnya yaitu "sumpah palapa". Gajah Mada inilah yang berkaitan dengan Sejarah Air Terjun Madakaripura ini. Gajah Mada adalah sosok yang terkenal bijaksana dan rendah hati, berkat dia juga Majapahit bisa seluas Nusantara. Ketika Gajah Mada ingin meninggalkan hal-hal duniawi dan menikmati masa tuanya, dia memilih tempat persinggahan yang nyaman dan indah, memiliki aliran sungai yang jernih dan terdapat pula air terjunnya, tempat itu adalah Madakaripura. Betapa senangnya masyarakat yang berada di kawasan tersebut karna kearifan Gajah Mada, hingga akhirnya kasawasan tersebut masyarakanya harmonis dan tentram tak ada kerusuhan yang terjadi dan pada akhirnya Mahapatih Gajah Mada menghembuskan nafas terakhirnya. Nama Madakaripura diambil dari kata Mada Kari Pura yang berarti persinggahan terakhir atau tempat tinggal terakhir. Itulah singkat cerita versi kami.

Untuk para wisatawan yang hendak memasuki tempat air terjun harus berjalan kaki sekitar 1 km dengan jalan setapak di bawah tebing tinggi yang di selimuti oleh tumbuhan hijau, dengan udara yang segar dan bersih dari polusi, sekitar 200 m sebelum memasuki air terjun anda harus di pastikan memakai alat pelindung air yang akan di terpa oleh kebasahan dari derasnya jatuhnya air yang harus anda lewati, dan pastikan pula anda memakai alas kaki berupa sandal jepit di sebabkan di area air terjun terdapat bebatuan licin yang mengakibatkan terjatuh bila kurang hati-hati, selain itu dengan anda memakai sandal jepit di karnakn anda harus melintasi aliran sungai yang berasal dari air terjun madakaripura.

Bagi anda yang berwisata ke gunung bromo tentunya ada yang kurang jika tanpa di lengkapi berkunjung ke Air Terjun Madakari yang .juga menjadi dari bagian objek wisata gunung bromo.Tiket masuk untuk memasuki kawasan wisata ini sangatlah tiada harga jika di bandingkan dengan keindahan air terjun yang sangat megah, hanya 3 ribu rupiah anda bisa melakukan suatu kepuasan dalam berlibur. Sedangkan perjalanan menuju ke tempat wisata ini sangat mudah di jangkau oleh semua kendaraaan baik mobil maupun sepeda motor.